Indonesia Human Resources Awards 2021, Begini Kata Wakil Ketua MPR dan Menteri Ketenagakerjaan

Indonesia Human Resources Awards 2021, Begini Kata Wakil Ketua MPR dan Menteri Ketenagakerjaan Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa tingkat pengangguran terbuka di sepanjang pandemi melonjak signifikan menjadi 7,07 persen, dengan sedikitnya 29,12 juta masyarakat terdampak langsung dengan adanya pandemi.

Namun, di tengah tekanan yang terjadi, harus diakui pula bahwa adanya pandemi tanpa disadari juga mendorong dunia ketenagakerjaan untuk bertransformasi sedemikian rupa yang intinya mempercepat perubahan menuju revolusi industri 4.0.

Baca Juga: Berikut Pemenang Indonesia Human Resources (HR) Awards 2021. Selamat!

"Pandemic Covid-19 telah berdampak pada kondisi perekonomian dan ketenaga kerjaan di indonesia. Perekonomian kita jatoh pada resesi di tahun 2020. Sementara ituu data bps menunjukan tingkat pengangguran terbuka kita meningkat secara signifikan mencapai 7,07 persen akibat adanya pandemi Covid-19," kata Ida dalam webinar online Indonesia human resources awards 2021 yang diselenggarakan Warta Ekonomi, Rabu (28/4/2021).

Bahkan pada bulan Agustus 2020 ada 29,12 juta orang penduduk usia kerja terdampak pandemi.

Ida menuturkan, untuk menanggulangi dampak ekonomi tersebut terutama dalam sektor ketenagakerjaan. Pemerintah telah melakukan upaya salah satunya dengam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pogram tersebut menyasar pada semua sektor mulai dari sektor kesehatan, sektor perekonomian melalui insentif pada dunia usaha dan bantuan pada UMKM juga program bantuan sosial pada masyarakat.

"Alhamdulillah perekonomian dan sektor ketenaga kerjaan dapat dikatakan mulai pulih secara perlahan terutama pada awal tahun 2021," tutur Ida.

Berbekal pemahaman di atas, Ida pun menegaskan dukungan dan apresiasinya terhadap inisiatif Warta Ekonomi yang memberikan penghargaan secara khusus bagi kinerja HR korporat yang terbukti bagus dan membawa dampak signifikan terhadap kinerja bisnis perusahaannya.

Terakhir, Ida pun mengucapkan selamat kepada para pemenang Penghargaan Indonesia Human Resource Awards 2021 dan berharap adanya penghargaan tersebut dapat menjadi pelecut untuk dapat makin maksimal dalam upaya mengembangkan kualitas SDM di Indonesia secara keseluruhan.

Senada dengan Presiden Komisaris dan Founder Warta Ekonomi, Fadel Muhammad mengatakan, human resources awards merupakan suatu permasalahan yang menjadi perbincangan dimana-mana dan menyadari bahwa kemajuan Indonesia hari ini tidak lepas dari pada human resources perusahaan-perusahaan.

"Dan dewasa ini ada tendensi yang kami amati yang dimana human resources itu merupakan sub bagian telah diangkat menjadi level direksi sehingga ini menunjukkan perhatian yang sangat besar terhadap human resources development," kata Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad dalam webinar online Indonesia human resources awards 2021 yang diselenggarakan Warta Ekonomi, Rabu (28/4/2021).

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini