DMI: Vaksinasi Lansia Bisa Dipercepat dengan Masjid

DMI: Vaksinasi Lansia Bisa Dipercepat dengan Masjid Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Ketua PP Dewan Masjid Indonesia Bidang Kesehatan dan Sanitasi Abidinsyah Siregar mengatakan Masjid memiliki potensi untuk membuka opsi percepatan vaksinasi lansia. Vaksinasi lansia diketahui memang berjalan lamban.

Kendati begitu, tidak sedikit jumlah lansia yang perlu divaksinasi dan targetnya yang masih belum tercapai hingga kini.

Baca Juga: Sumatera Barat Lakukan Vaksinasi Lansia di Masjid saat Ramadan

"Kita nggak boleh cepat-cepat pasang target tinggi, karena kita harus kerja sama dengan dinas kesehatan," ujarnya dalam Dialog Produktif Kabar Kamis, Kamis (29/4/2021).

Abidinsyah menjelaskan bahwa jumlah masjid yang tercatat lebih dari 850 ribu. Menurutnya, pemerintah dapat melakukan konsentrasi vaksinasi lansia di setiap provinsi pada empat atau lima kabupaten/kota yang memiliki penduduk 500 ribu lebih.

Dalam setiap kabupaten/kota dapat mengerahkan beberapa Masjid, dengan satu Masjid dapat menampung vaksinasi sekitar 5 ribu calon vaksin.

Dengan skema tersebut, ia mencontohkan bila vaksinasi dilakukan dengan 10 masjid per wilayah, artinya dalam satu hari Indonesia dapat melakukan vaksinasi kepada 6 juta lansia.

"Jika dilakukan 10 hari bisa dapat 6 juta, ini akan cepat sekali, baru 10 masjid per kabupaten/kota," lanjutnya.

Lanjutnya, penggunaan Masjid sebagai tempat vaksinasi efektif karena Masjid umumnya selalu berada di pemukiman penduduk dan memiliki pengeras suara untuk memberikan informasi terkait vaksinasi kepada masyarakat sekitar.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini