Vaksinasi Lansia Lamban, DMI Usul Masjid Jadi Tempat Vaksinasi

Vaksinasi Lansia Lamban, DMI Usul Masjid Jadi Tempat Vaksinasi Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Dewan Masjid Indonesia mengusulkan agar Masjid dapat digunakan sebagai tempat vaksinasi. Ketua PP Dewan Masjid Indonesia Bidang Kesehatan dan Sanitasi Abidinsyah Siregar mengatakan alasan dibalik ini adalah lambannya vaksinasi yang dilakukan kepada lansia.

Abidin memaparkan data bahwa capaian vaksinasi lansia di 34 provinsi berada dikisaran nol koma hingga 51%. Angka 51% sendiri hanya terdapat di Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: DMI: Vaksinasi Lansia Bisa Dipercepat Dengan Masjid

Sementara mayoritas masih didominasi kisaran yang tergolong rendah, bahkan belum menyentuh seperempatnya.

"Lebih banyak kelompok berkumpul di daerah yang capaiannya nol koma sekian sampai 13%," ujarnya dalam Dialog Produktif Kabar Kamis, Kamis (29/4/2021).

Ia menambahkan, DMI berpandangan bahwa banyak lansia yang ditemukan di Masjid, sehingga Masjid cocok dalam menjadi tempat vaksinasi untuk lansia.

"DMI berpikir, di masjid kan kita temukan banyak lansia makanya kita gerakkan di sini," lanjutnya.

Abidinsyah mengatakan bahwa jumlah lansia menurut Badan Pusat Statistik berada dikisaran 11,3% dari total penduduk di Indonesia.

Program vaksinasi kepada lansia sendiri ditargetkan akan menyentuh 90% lansia untuk mendapatkan dosis pertama pada akhir Juni 2021. Target lansia yang disasar pemerintah sendiri mencapai 21 juta orang lebih.

 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini