Antisipasi Kecolongan 'Mafia' Karantina, Pemerintah Perketat Pengawasan WNI dari India

Antisipasi Kecolongan 'Mafia' Karantina, Pemerintah Perketat Pengawasan WNI dari India Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Pemerintah ambil sikap terkait temuan adanya 'mafia' dalam pelaksanaan karantina yang dilakukan kepada WNI yang datang dari India. Sikap yang dilakukan pemerintah sendiri yakni memperketat pengawasan terhadap WNI yang datang dari India agar tidak kecolongan kembali.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan dan Kementerian Hukum dan HAM sudah mengeluarkan imbauan terbaru untuk memperketat pengawasan.

Baca Juga: Polisi Tangkap Lima WN India yang Pakai Jasa Calo Karantina

"Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan sudah menerbitkan surat instruksi kepada seluruh kepala kantor pelabuhan di seluruh Indonesia terkait peningkatan pengawasan pelaku perjalanan dari India," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring, Kamis (29/4/2021).

Kementerian Hukum dan HAM sendiri sudah menerbitkan larangan penerimaan warga negara asing yang memiliki riwayat perjalanan ke dan dari India dalam 14 hari kebelakang.

Temuan adanya 'mafia' karantina sendiri terkuak saat penangkapan warga negara Indonesia berinisial JD yang tertangkap menyuap petugas karantina sebesar Rp 6,5 juta. JD sendiri diketahui datang dari India.

Pada aturan baru, setiap kedatangan dari India akan diberlakukan karantina selama 14 hari dan tes PCR pada awal karantina dan akhir karantina. 

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini