Apa Itu Competitive Advantage?

Apa Itu Competitive Advantage? Kredit Foto: Unsplash/Austin Distel

Ketika berbicara tentang bisnis, competitive advantage mengacu pada faktor atau atribut yang memungkinkan perusahaan tertentu untuk menghasilkan layanan atau produk yang lebih terjangkau atau memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada pesaingnya.

Ini sangat membantu bagi bisnis Anda. Untuk itu, pelajari lebih lanjut tentang apa itu competitive advantage, dan mengapa pemilik bisnis harus memiliki capaian untuk mengidentifikasi apa yang membedakan mereka dari pesaing sejenis.

Baca Juga: Apa Itu Brand Positioning?

Mengenal Apa Itu Competitve Advantage

Competitive advantage adalah faktor-faktor yang memungkinkan perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa dengan lebih baik atau lebih murah dari para pesaingnya. Faktor-faktor ini memungkinkan entitas tersebut untuk lebih produktif menghasilkan lebih banyak penjualan atau margin yang superior jika dibandingkan dengan pesaing pasarnya.

Competitive advantage sering dikaitkan dengan berbagai faktor seperti struktur biaya, brand, kualitas penawaran produk, jaringan distribusi, kekayaan intelektual, dan customer service.

Contoh Competitive Advantage Dalam Perusahaan

Competitive advantage dapat membedakan bisnis yang dapat bertahan lama dengan bisnis yang masih berkembang, tetapi sumber competitive advantage dapat berubah dari sektor ke sektor dan dari perusahaan ke perusahaan.

Beberapa contoh umum dari competitive advantage meliputi:

• Tim.

• Akses khusus ke teknologi atau metode produksi tertentu.

• Produk yang tidak dapat ditawarkan oleh orang lain (dilindungi oleh undang-undang IP atau paten, dan lainnya).

• Kemampuan untuk memproduksi dan menjual dengan biaya lebih rendah (dikenal sebagai cost leadership).

Brand dan reputasi bisnis.

Meskipun Anda mungkin meluncurkan produk ke pasar dengan ide yang benar-benar baru, mungkin tidak akan lama lagi pesaing Anda akan mengikutinya. Saat itulah Anda perlu melihat kembali apa keunggulan yang dimiliki oleh bisnis Anda.

Dalam berbagai kasus di sebuah sektor bisnis dengan banyak brand peniru, seperti minuman ringan, brand dan reputasi mungkin merupakan competitive advantage yang paling kuat untuk dimanfaatkan.

Cara Kerja Sistem Competitve Advantage

Untuk menciptakan competitive advantage, Anda harus menentukan dengan jelas tentang ketiga faktor penentu ini.

Manfaat Apa Yang Akan Diberikan Perusahaan Anda?

Apa manfaat nyata yang diberikan produk Anda? Itu pasti menjadi sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan Anda. Produk Anda juga harus menawarkan nilai yang nyata. Anda harus mengetahui fitur-fitur yang terdapat di produk Anda, kelebihannya, dan bagaimana manfaatnya bagi pelanggan Anda. Anda juga harus selalu mengikuti tren terbaru yang akan memengaruhi produk Anda, seperti penggunaan teknologi terbaru.

Misalnya, surat kabar cetak dinilai lambat dalam menanggapi ketersediaan berita gratis di internet. Mereka mengira orang akan terus membayar berita yang dikirim di atas kertas dalam waktu satu kali sehari.

Tentukan Target Pasar Anda

Siapa pelanggan Anda? Apa kebutuhan mereka? Anda harus tahu persis siapa saja orang yang membeli produk dari Anda dan bagaimana Anda dapat membuat hidup mereka lebih baik. Begitulah cara Anda menciptakan permintaan, penggerak semua pertumbuhan ekonomi. Target pasar surat kabar cetak sudah menyusut ke orang-orang yang lebih tua dan yang tidak nyaman mendapatkan berita secara online.

Identifikasi Pesaing Anda

Sudahkah Anda mengidentifikasi pesaing Anda yang sebenarnya? Mereka bukan hanya perusahaan atau produk serupa. Mereka juga memasukkan hal lain yang dapat dilakukan pelanggan Anda untuk memenuhi kebutuhan yang dapat Anda penuhi. Banyak perusahaan surat kabar cetak yang mengira pesaing mereka adalah surat kabar lainnya sampai mereka menyadari bahwa pesaing yang sebenarnya adalah internet. Mereka tidak tahu bagaimana cara bersaing dengan penyedia berita online yang instan dan gratis.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini