Dianggap Tempat Paling Suci, Vatikan Mungkin Jadi Arena Pertemuan Putin dan Presiden Ukraina

Dianggap Tempat Paling Suci, Vatikan Mungkin Jadi Arena Pertemuan Putin dan Presiden Ukraina Kredit Foto: Reuters

Presiden Ukraina, Volodimir Zelensky menuturkan bahwa Vatikan bisa menjadi tempat yang tepat untuk pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Ini adalah ajakan bertemu kedua yang disampaikan Zelensky kepada Putin, setelah sebelumnya dia mengajak bertemu pemimpin Rusia itu di zona konflik di timur Ukraina.

"Takhta Suci bisa menjadi tuan rumah yang sempurna untuk dialog tentang perdamaian di Donbass," ucapnya merujuk kepada Vatikan, seperti dilansir Tass pada Kamis (29/4/20210). 

Baca Juga: Ketegangan Masih Ada, Ukraina Ancam Bikin Rudal yang Bisa Musnahkan Nuklir Rusia

Dia yakin bahwa pertemuannya dengan Putin "pasti" akan berlangsung. "Itu diperlukan untuk mengakhiri perang di Donbass dan menyelesaikan proses perdamaian," ujar Zelensky.

Menurut Zelensky, Vatikan dapat menengahi pembicaraan tentang hubungan Ukraina-Rusia dan konflik di Donbass. Ia percaya bahwa Vatikan berbeda dengan pemain global lainnya karena memiliki otoritas moral dan selalu netral karena tidak memiliki kepentingan militer, politik dan ekonomi.

Pemimpin Ukraina itu mengakui bahwa sudah lama tidak ada komunikasi langsung antara Ukraina dan Rusia. Oleh karena itu, dia berharap bisa segera melakukan pertemuan dengan Putin, untuk bisa menyelesaikan masalah yang ada.

“Ini tentu tidak berkontribusi pada negosiasi yang konstruktif. Inilah mengapa saya pikir kita harus mulai dengan mengadakan pertemuan di tempat yang melambangkan perdamaian dan dialog," jelas Zelensky.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini