Dermawan, Donasi Digital Warganet Capai Ratusan Miliar Rupiah Selama . . . .

Dermawan, Donasi Digital Warganet Capai Ratusan Miliar Rupiah Selama . . . . Kredit Foto: Go-Pay

Donasi digital telah jadi salah satu tren bagi sejumlah masyarakat di Indonesia. Jumlahnya pun tak sedikit; sebagai contoh, puluhan ribu donatur berhasil menyumbang belasan miliar rupiah pada Hari Donasi Online (Hardolnas) 2020.

Menurut Chief Product Efficer Kitabisa.com, Vikra Ijaz, lebih dari 24 ribu donatur berpartisipasi pada Hardolnas 2020. Lebih lanjut, Kitabisa mencatat lebih dari Rp18,8 miliar donasi terkumpul, hanya dalam satu pekan.

"Memasuki tahun ke-3 Hardolnas, kami harap program ini dapat mengajak lebih banyak orang baik berpartisipasi untuk menciptakan dampak yang lebih luas pada para penggalang dana sehingga akan ada lebih banyak pula orang yang terbantu lewat donasi," kata Vikra, dikutip Jumat (30/4/2021).

Baca Juga: Widih, Youtuber Ini Beli Mobil Lamborghini Pakai Bitcoin, Pertama Kali di Asia!

Baca Juga: Jadi Korban Hacker, Jaringan Cryptocurrency Ini Rugi Ratusan Juta Dolar

Pada Hardolnas 2021, Kitabisa.com bekerja sama dengan dompet digital di Indonesia' salah satunya, GoPay. Lengan pembayaran digital Gojek itu mengajak masyarakat berdonasi digital di Kitabisa.

Head of Corporate Affairs GoPay, Windy Triswandhani berujar, "Mengingat masih banyak orang yang belum familiar dengan metode berdonasi digital pada momen kali ini, kami sekaligus mengajak masyarakat untuk merasakan kemudahan dan kepraktisan berdonasi lewat GoPay di Kitabisa."

Mulai Jumat ini hingga 7 Mei 2021, GoPay bakal melipatgandakan tiap donasi ke 3 inisiatif galang dana terpilih; khusus untuk donasi mulai Rp10 ribu hingga maksimal Rp100 ribu. Berikut ini 3 penggalangan dana terpilih di Kitabisa:

Ini adalah kegiatan galang dana berupa warteg di mana semua orang dapat datang dan makan dengan bayaran semampunya, bahkan hingga Rp0. 

Inisiatif dari BAZNAS untuk membantu pekerja informal yang kesulitan lewat Kado Ramadan Bahagia yang berisi paket sembako dan peralatan salat yang layak. BAZNAS bekerja sama dengan GoSend untuk menyalurkan paket sembako ke penerima bantuan yang tersebar di Jabodetabek.

Inisiatif ini mengajak masyarakat berdonasi, di mana hasilnya akan digunakan untuk memberi kado berupa Al-Quran kepada anak-anak di daerah yang membutuhkan.

Kolaborasi GoPay dan Kitabisa ini bukan yang pertama. Sebelumnya, GoPay bermitra dengan Kitabisa di fitur GoGive. Kerja sama itu melahirkan tren berdonasi dalam nominal kecil, tetapi frekuensinya sering.

Berdasarkan data internal, GoPay mengklaim, transaksi donasi yang mengalir lewat GoPay naik 2,5 kali lipat pada 2020. Sementara total donasinya mencapai Rp136 miliar. Riset Digital Donation Outlook 2020 menunjukan, rerata nilai per donasi digital meningkat 72% selama pandemi.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini