Keuntungaan makin tebal, Perusahaan Pemilik Ranch Market Tebar Dana Puluhan Miliar ke Investor

Keuntungaan makin tebal, Perusahaan Pemilik Ranch Market Tebar Dana Puluhan Miliar ke Investor Kredit Foto: Sufri Yuliardi

PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) memutuskan untuk membagikan dividen tunai dengan nilai total seluruhnya Rp 46,9 miliar. Dana tersbeut akan dialokasikan perseroan dari laba berih yang dibukukan padda tahun 2020.

“RUPS RANC menghasilkan keputusan penting, yaitu RANC akan melakukan pembagian dividen tunai kepada pemegang sahamnya dengan nilai total seluruhnya Rp 46,9 miliar atau sebesar Rp 30 setiap saham,” kata Meshvara Kanjaya, Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Tbk, di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Pada tahun lalu, perusahaan berhasil meengantongi laba bersih sebesar Rp 76 miliar, meningkat 37% atau Rp 20,5 miliar dari laba bersih tahun sebelumnya yang sebesar Rp 55,5 miliar. Pendapatan bersih konsolidasian yang sebesar Rp 3,01 triliun ini meningkat 25,6% atau Rp 613 miliar dari pendapatan bersih sebelumnya yang sebesar Rp 2.398 miliar. Pencapaian ini tentu ditopang oleh penambahan toko baru dan same stores sales growth.

Baca Juga: Dongkrak Pendapatan, Ristia Bintang Bakal Bangun Perumahan di Cipondoh

Perseroan di tahun 2020 berhasil membuka 11 toko baru di Jabodetabek dan 3 kota baru. Dengan demikian RANC telah memiliki gerai di 13 kota yaitu di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Balikpapan, Samarinda, Ambon, Pekanbaru, Dumai dan Palembang.

“Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi seluruh dunia usaha dengan adanya pandemi COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kami bersyukur perusahaan mampu melewati berbagai tantangan dan menunjukkan hasil yang baik di tengah tekanan ekonomi yang masih terdampak COVID-19. Berbagai upaya strategis telah kami lakukan untuk menjaga pertumbuhan dan membawa kami pada pencapaian ini,” ucapnya.

Tak hanya itu, kondisi daya beli masyarakat yang menurun akibat pandemi ini juga membuat RANC memaksimalkan teknologi digital dengan menampilkan aplikasi belanja online terbaru Get My Store yang merupakan rebranding dari aplikasi sebelumnya, KeSupermarket.com. Keberadaan distribution centers sebagai pusat pengelolaan pengadaan barang dagangan sekaligus sebagai central processing juga menjadi salah satu fokus strategi operasional RANC di tahun 2020, hal ini ditunjukan dengan menempati distribution center baru yang berlokasi di kawasan Bekasi dengan luasan yang lebih besar dan fasilitas yang lebih modern dari sebelumnya.

Baca Juga: Perang Tekor Pemilik Giant vs Hypermart: Hero Supermarket vs Matahari Ibarat Pinang Dibelah Dua!

“Semua upaya di atas adalah pencapaian terbesar yang RANC berikan di tahun 2020, sebuah tahun yang menjadi tantangan untuk semua industri di dunia, termasuk industri ritel. RANC akan berupaya untuk terus berinovasi memberikan pengalaman baru yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam,” terangnya.

Meshvara menuturkan bila untuk tahun ini perseroan menganggarkan dana capex tersebut untuk pembukaan tujuh toko baru, renovasi tujuh toko, dan pengembangan sistem informasi teknologi. "Capex juga untuk pengembangan distribution center, di mana dana capex seluruhnya berasal dari kas internal," jelasnya.

Adapun tujuh toko yang dibuka terdiri dari Farmers Market Jakarta dan sekitarnya, Bogor, maupun Depok. Kemudian, empat Ranch Market di Jakarta.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini