Begini Cara Jabar Genjot Pembangunan Desa Perbatasan

Begini Cara Jabar Genjot Pembangunan Desa Perbatasan Kredit Foto: Dok. Pemprov Jabar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengklaim sudah memberi perhatian lebih bagi desa-desa yang berbatasan langsung dengan provinsi lain seperti Jawa Tengah dan Banten. Keberpihakan ini dilakukan dengan memberi bantuan keuangan, optimalisasi BUMDes, hingga membangun tugu desa untuk mempertegas batas administrasi wilayah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan, pihaknya menilai strategis posisi desa perbatasan. Selain merupakan pintu masuk menuju Jawa Barat, daerah-daerah itupun merupakan representasi Jawa Barat sehingga harus ditata dengan baik.

Baca Juga: Duta Baca Jawa Barat Jadi Percontohan Nasional

Penataan salah satunya dilakukan dengan membangun tugu desa di setiap desa perbatasan. Terdapat 101 desa di Jawa Barat yang berbatasan langsung baik dengan Jawa Tengah dan Banten. Ia huga memastikan pihaknya akan membangun tugu desa di seluruh daerah perbatasan tersebut. 

Baca Juga: Ketua MPR Terima Pengurus KADIN Jawa Barat, Ajak Bangkitkan Perekonomian Rakyat

"Yang terbaru yang kemarin diresmikan, di Desa Singabraja dan Singabangsa, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. Sebelumnya pada 2020 sudah dibangun tujuh tugu desa," ujarnya di Bandung, Jumat (30/4/2021).

Tugu desa berfungsi untuk  menunjukkan batas administrasi wilayah, juga untuk memperkuat kewibawaan dan identitas Jawa Barat.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini