Apa Itu Segmentasi Pasar?

Apa Itu Segmentasi Pasar? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators

Keberhasilan sebuah bisnis terletak pada penawaran produk yang tepat kepada konsumen yang tepat. Untuk melakukan ini, pemasar perlu mengetahui pelanggan mereka dari luar dan dalam. Hal ini membuat segmentasi pasar menjadi alat yang penting bagi organisasi, untuk mempelajari dan mengelompokkan perilaku konsumen.

Itu bisa meraup dividen yang besar. Survei dari Harvard Business School yang dilakukan di AS menemukan bahwa sebanyak 95% produk baru gagal karena memiliki segmentasi pemasaran yang tidak efektif.

Baca Juga: Apa Itu Laporan Laba Rugi?

Setiap konsumen hadir dengan kepribadian yang berbeda. Jadi, strategi pemasaran yang umum untuk semua tindakan tidak akan berhasil untuk melibatkan pengguna secara keseluruhan.

Segmentasi pasar dapat membantu perusahaan untuk membagi pengguna menjadi beberapa kelompok tertentu, untuk menganalisis kebutuhan mereka dan berkomunikasi dengan mereka secara efektif. Ini memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi, serta meningkatkan laba atas belanja iklan (ROAS).

Mengenal Dalam Apa Itu Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah istilah pemasaran yang mengacu pada penggabungan calon pembeli ke dalam kelompok atau segmen dengan kebutuhan yang sama dan yang menanggapi tindakan pemasaran serupa. Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk bisa menargetkan berbagai kategori konsumen yang telah merasakan manfaat penuh dari produk dan layanan tertentu.

Dengan memahami segmen pasar, Anda dapat memanfaatkan penargetan ini dalam strategi penjualan dan pemasaran produk. Membuat komunikasi pemasaran yang baik dalam menyampaikan iklan dan penargetan lanjutan pada platform digital seperti Facebook dan Google menggunakan segmentasi pelanggan akan memungkinkan tingkat respons yang lebih baik dan biaya akuisisi yang lebih rendah.

Segmen pasar dapat menggerakkan siklus pengembangan produk Anda dengan menginformasikan cara Anda membuat penawaran produk untuk berbagai segmen seperti pria dan wanita atau orang yang berpenghasilan tinggi dan berpenghasilan rendah.

Perusahaan yang mengelompokkan pasarnya dengan tepat dapat menikmati keuntungan yang signifikan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Bain & Company, sebanyak 81% eksekutif menemukan bahwa segmentasi sangat penting untuk meningkatkan laba. Bain juga menemukan bahwa organisasi dengan strategi segmentasi yang hebat bisa menikmati keuntungan 10% lebih tinggi daripada perusahaan yang segmentasinya tidak efektif selama periode 5 tahun.

Perusahaan seperti American Express, Mercedes Benz, dan Best Buy semuanya menggunakan segmentasi untuk meningkatkan penjualan, membangun produk yang lebih baik, serta terlibat lebih baik dengan prospek dan pelanggan mereka.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini