Kepala BRGM lantik Kapokja dan Kasubpokja lingkup BRGM

Kepala BRGM lantik Kapokja dan Kasubpokja lingkup BRGM Kredit Foto:

Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, Ir. Hartono, M.Sc., Jumat (30/4/2021) melantik dan mengambil sumpah jabatan 15 Kepala Kelompok Kerja  dan 13 Kepala Sub Kelompok Kerja di Gedung Krida Bakti, Jakarta.

Pada saat pelantikan, Kepala BRGM menyampaikan pada periode sebelumnya banyak capaian restorasi gambut yang patut diteruskan. Karena itu perlu konsolidasi kegiatan yang efektif.

Selain itu, tugas rehabilitasi mangrove juga memerlukan kerja keras. Karena itu kepada pejabat yang baru dilantik, beliau berpesan untuk dapat berpikir kreatif dan terus membuat inovasi dalam menjalankan tugas. 

Dijelaskan lebih lanjut, cara kreatif dan inovasi ini penting karena percepatan restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove yang tertuang dalam Perpres 120 tahun 2020 merupakan kegiatan terbesar di dunia. Selain itu, kedua ekosistem ini juga memainkan peranan penting dalam pengendalian iklim dunia. 

BRGM tidak hanya melakukan pemulihan ekologi saja, namun menempatkan masyarakat sebagai aktor penting dalam kegiatan restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove.

Untuk mencapai target restorasi gambut seluas 1,2 juta hektar dan target rehabilitasi mangrove 600.000 hektar, BRGM juga perlu menyinergikan program dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, seperti kementerian sektoral, pemerintah daerah tingkat provinsi/kabupaten/desa, perguruan tinggi dan LSM, baik nasional dan internasional. 

““Kita tidak dapat bekerja sendiri, kita perlu melakukan sinergi dan koordinasi dengan pemangku kepentingan. Karena itu para pejabat BRGM harus siap menjalankan koordinasi dan bertindak sinergis,” demikian ditegaskan Kepala BRGM.

Melihat komposisi Kapokja yang dilantik hari ini, Kepala BRGM optimis roda organisasi BRGM akan mendukung pelaksanaan tugas yang diamanatkan Presiden dalam memfasilitasi percepatan restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove sampai tahun 2024.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini