Frustrasi Tangani Covid-19, Dokter di India Bunuh Diri

Frustrasi Tangani Covid-19, Dokter di India Bunuh Diri Kredit Foto: Antara/REUTERS/Adnan Abidi

Vivek Rai, seorang dokter yang hampir sebulan bertugas di ruang ICU sebuah rumah sakit swasta di India, dilaporkan meninggal bunuh diri di kediamannya di kawasan Malviya Nagar.

"Korban murni meninggal bunuh diri. Tak ada bukti yang mengarah pada pembunuhan, dengan pelaku orang lain," ujar polisi, seperti dikutip India Today, Sabtu (1/5).

Dr. Rai tercatat sebagai dokter residen, atau dokter yang tengah menempuh pendidikan spesialis. Dia berasal dari Gorakhpur, sebuah kota di negara bagian Uttar Pradesh.

Baca Juga: Beredar Video Pria India Panggul Mayat Istrinya, Jalan Kaki 2 Km ke Pemakaman

"Dalam sehari, dia bisa memberikan resusitasi jantung paru (cardiopulmonary resuscitation/CPR) kepada 7 sampai 8 pasien. Namun, belakangan ini, upaya itu tak banyak menolong. Banyak pasien meninggal dunia, meski sudah dilakukan resusitasi jantung paru," ungkap seorang kolega Dr. Rai. 

"Sebagai pejuang di garda terdepan penanganan Covid, Dr. Rai telah banyak menyelamatkan nyawa selama pandemi," imbuhnya.

Dr. Rai yang berusia 36 tahun, masih terhitung pengantin baru. Pria yang baru menikah pada November 2020 itu meninggalkan seorang istri, yang tengah hamil 2 bulan.

Jenazahnya kemudian dibawa ke AIIMS New Delhi untuk menjalani pemeriksaan post mortem.

"Ini menjadi bukti, bahwa krisis Covid sangat berdampak pada ketegangan emosional yang luar biasa pada tenaga medis. Kematian dokter muda ini tak ubahnya seperti pembunuhan tersistem yang membuat tenaga medis frustrasi, karena minimnya fasilitas perawatan kesehatan yang mendasar,"kata Dr Ravi Wankhedkar, mantan Presiden Nasional Asosiasi Medis India.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini