Screening Saham Undervalue Murah Outlook Menarik Lewat Aplikasi Android

Screening Saham Undervalue Murah Outlook Menarik Lewat Aplikasi Android Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Hingga Maret 2021, jumlah investor ritel yang ditandai dengan SID sudah mencapai 4,9 juta orang. Peningkatan jumlah investor ini juga merupakan pertanda meningkatnya keyakinan masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal. Optimisme investasi di pasar modal harus diimbangi dengan kesadaran untuk menghindarkan diri dari kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh investor saham pemula.

Salah satu cara untuk menghindari kesalahan dalam berinvestasi saham adalah dengan memilih saham undervalue yang murah, tetapi tetap mempunyai outlook teknikal menarik. Salah satu metode yang sedang populer adalah Mencari Saham Murah Undervalue lebih mudah lewat aplikasi riset analisa saham, yakni Emiten.com dengan promo berlangganan 12 bulan hanya sekitar Rp229 ribu untuk analisa riset rekomendasi saham BUMN, Syariah, maupun Perusahaan Publik Swasta lainnya.

Baca Juga: Ditinggal Pas Sayang-sayangnya, Mahasiswa Ini Pilih Jadi Investor Saham

Dikutip dari akun Instagram resmi @emitendotcom, banyaknya penggunaan aplikasi tergolong membantu sekali untuk mempercepat analisa sekaligus menambah perspektif lain dari para investor maupun trader saham. Tidaklah mudah menemukan saham murah. Dibutuhkan kejelian dan konsistensi tinggi untuk sukses bisnis saham karena tidak semua orang memiliki kemampuan waktu & modal, pengalaman dan pengetahuan yang sama ketika melihat suatu saham.

Memilih saham undervalue juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan tergesa-gesa. Menurut Denny Huang, CEO & Founder Emiten.com, saham undervalue dihasilkan dari kejelian investor melihat seberapa jauh tren ke depan dari suatu industri; menghitung kemungkinan risiko; serta memperkirakan perubahan fundamental perusahaan selama hold menunggu kenaikan harga saham.

"Sejak pertengahan 2020, banyak saham undervalue. Namun, setelah difilter berulang kembali, dapat disimpulkan hanya sedikit Saham Multi Bagger yang benar-benar aman dan murah seperti Aneka Tambang Tbk (ANTM). Kemudian, dari sektor Poultry & CPO seperti MAIN & SIMP.," jelas Denny Huang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (2/5/2021).

Lebih lanjut Denny Huang mengatakan, dalam analisa suatu saham, seseorang perlu perspektif luas mendalam agar tidak terjebak value trap sebagai akibat bias kebiasaan cara menghitung harga wajar/valuasi saham. Misalnya, saham Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) yang direkomendasikan pada area level Rp1,120-Rp1,200 karena dengan kapitalisasi SIMP 9,09T saat ini memiliki Asset 35,4T serta 59,48% Saham PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP).

Maka, dari segi valuasi terdapat Margin Of Safety ruang kenaikan yang cukup besar dan didukung tren beberapa bulan mendatang baik dari pemulihan kinerja fundamental perusahaan, kenaikan harga komoditas, rendahnya produktivitas supply di pasaran, serta kebijakan RUU EBT, RED II dari uni Eropa serta Clean Energy Plan dari Presiden Amerika Joe Biden.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini