Anies Baswedan Keringetan saat Tanah Abang Diserbu 100 Ribu Orang

Anies Baswedan Keringetan saat Tanah Abang Diserbu 100 Ribu Orang Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Jakarta di akhir pekan ini, makin menggila. Kemarin saja, warga yang bejubel datang ke Tanah Abang untuk belanja baju Lebaran, mencapai 100 ribu orang. Gubernur DKI, Anies Baswedan sampai harus mengecek langsung lonjakan pembeli di Tanah Abang. Berada di lautan manusia, Anies sampai keringatan.

Lonjakan warga yang datang dari berbagai penjuru ke Tanah Abang sudah terjadi sejak Sabtu (01/5) lalu. Di dalam maupun di luar Pasar Tanah Abang, kondisinya sama saja. Warga bejubel di sekitar lapak-lapak pedagang. Mereka seolah mengabaikan virus Corona yang masih merajalela.

Baca Juga: Bu-ibu... Pasar di Jakarta Banyak! Anies Baswedan: Datangi Pasar Selain Tanah Abang

Kemarin, kondisinya tak jauh berbeda. Bahkan warga yang datang jumlahnya lebih banyak lagi. Dari pagi sampai siang, pembeli yang kebanyakan emak-emak terus berdatangan. Desak-desakan pun tak terhindarkan. Pemandangan seperti ini merata terlihat di Blok A, Blok B, dan Blok F. Tak hanya di dalam gedung, lapak-lapak pedagang di luar gedung juga ramai didatangi pembeli.

Sekitar pukul 13.00 WIB, Anies datang ke lokasi. Dia datang bersama Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Ketiganya langsung masuk ke Blok Adan menyapa pengunjung. Anies sesekali meminta pengunjung mengenakan masker dengan baik. Sebab beberapa pengunjung mengenakan masker di bawah dagu.

Saat Anies datang, situasi sudah sedikit lebih tertib, tak sebrutal pada pagi hari maupun Sabtu lalu. Soalnya petugas dari TNI/Polri serta Satpol PP berjaga-jaga di tiap pintu masuk. Pengunjung yang asal-asalan pakai masker, langsung ditegur. Petugas juga membatasi jumlah pengunjung di dalam gedung.

Mereka juga tak bosan mengingatkan kepada pengunjung agar tetap memakai masker dan menjaga jarak. “Kalau sudah selesai belanja silakan kembali ke rumah,” kata petugas, melalui pengeras suara. Petugas juga mengingatkan potensi bahaya penyebaran Covid-19. “Jangan seperti di India,” teriak petugas.

Acara sidak sesekali terhenti, karena ada saja pengunjung yang menyapa Anies lalu minta untuk selfie bareng. “Pak Anies foto bareng dulu, Pak,” pinta ibu-ibu. Tak hanya satu, emak-emak lain berlarian ingin ikutan. Anies dengan sabar melayani permintaan itu.

Setelah berkeliling pasar, Anies lalu geser ke stasiun KRL Tanah Abang. Cuaca yang panas ditambahnya bejubelnya warga, bikin Anies kegerahan. Bajunya sampai lecek, basah oleh keringet.

Acara sidak diakhiri dengan menggelar rapat di lantai 12, Pasar Tanah Abang. Setelah melihat kondisi di lapangan, Anies akhirnya mengeluarkan sejumlah aturan untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini