Jangan Main-Main! Kapolda Ngegas Sikapi Kelompok Separatis Papua: Melawan Kami Lumpuhkan!

Jangan Main-Main! Kapolda Ngegas Sikapi Kelompok Separatis Papua: Melawan Kami Lumpuhkan! Kredit Foto: Antara/Zabur Karuru

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan jika Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua ternyata mencapai 6 organisasi di Papua yang dikategorikan sebagai kelompok separatis.

Ia mengatakan, enam kelompok ini aktif melakukan gangguan keamanan di wilayah pegunungan Papua. Baca Juga: Melihat Pasukan Elite Denjaka yang Akan Berangus KKB Teroris di Papua, Terlatih di Tiga Medan Perang

“Mereka terdapat di wilayah Kabupaten Puncak, Intan Jaya, dan Nduga,” ujarnya, dilansir Pojoksatu, Senin (3/5/2021).

Lanjutnya, ia mengatakan sebenarnya kelompok KKB di Papua banyak, namun yang masih aktif selama ini hanya enam kelompok ini. 

Ia mengatakan kelompok separatis ini melakukan teror di daerah Ilaga dan Beoga Kabupaten Puncak, Sugapa Kabupaten Intan Jaya dan di daerah Nduga. Baca Juga: Pesan DPR RI: Pasukan yang Terlibat Pemberantasan Teroris KKB Harus Terstruktur

Pimpinan KKB yang aktif di wilayah pegunungan Papua itu sudah lama masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) kepolisian seperti Lekagak Telenggen, Militer Murib, Sabinus Waker, Egianus Kogoya dan lainnya.

“Sempalan dari kelompok Lekagak Telenggen di Kabupaten Puncak itu sekarang terbagi dalam dua kelompok,” ujar Irjen Fakhiri.

Sementara itu, pasca terjadinya kasus pembunuhan dua guru yang bertugas di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak pada 8 dan 9 April 2021, aparat TNI dan Polri dikirim ke Beoga untuk melakukan pemulihan keamanan sekaligus melakukan penegakan hukum terhadap pelaku penembakan dua guru tersebut.

“Memang sedikit agak terlambat sehingga ada kejadian beruntun di Ilaga,” ucapnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini