BI Proyeksi April Terjadi Inflasi, Faktanya?

BI Proyeksi April Terjadi Inflasi, Faktanya? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan mengumumkan angka indeks harga konsumen (IHK) untuk April 2021. Angka IHK ini akan diumumkan pada pukul 11.00 WIB di Gedung BPS, Jakarta, Senin (3/5/2021).

Selain angka inflasi, BPS juga akan mengumumkan perkembangan indeks harga perdagangan besar April 2021, perkembangan pariwisata dan transportasi Maret 2021 dan perkembangan nilai tukar petani dan harga produsen gabah April 2021.

Baca Juga: Pekan Terakhir April, Inflasi Diprediksi 0,18%

Sebelumnya Bank Indonesia melihat masih adanya peluang peningkatan harga atau inflasi pada bulan April 2021. Ini setelah bank sentral melihat hasil survei pemantauan harga pada minggu kelima April 2021.

Menurut pemantauan, inflasi April 2021 diperkirakan 0,18% secara bulanan atau month on month (mom). "Perkiraan kami inflasi April 2021 secara tahun kalender sebesar 0,63% (ytd) dan secara tahunan sebesar 1,47% (yoy)," kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono.

Erwin merinci, penyumbang utama inflasi April 2021 sampai dengan minggu kelima adalah daging ayam ras, jeruk, daging sapi, minyak goreng, dan emas perhiasan. Sementara itu, ada komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga memberikan sumbangan  pada deflasi dan menghambat laju inflasi.

Beberapa komoditas tersebut adalah cabai rawit, bawang merah, kangkung, bayam, beras dan tomat.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini