Menerawang Ancaman Keamanan Siber selama Pandemi

Menerawang Ancaman Keamanan Siber selama Pandemi Kredit Foto: Reuters/Kacper Pempel

Pandemi Covid-19 telah merubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan. Terutama dalam menjalankan aktivitas bekerja, saat ini para karyawan mengandalkan teknologi digital untuk melakukan pekerjaan dari jarak jauh, di manapun.

Dengan kebiasaan baru tersebut, tentu dalam menjalankan sebuah pekerjaan tidak akan terjadi perilaku yang berbeda pula, yang sangat berpengaruh terhadap hasil dari sebuah pekerjaan. 

Perubahan perilaku apa saja yang terjadi, Subhalakshmi Ganapathy, Product Evangelist, IT Security ManageEngine, mengungkapkan, mulai dari waktu login para karyawan hingga cara berkomunikasi dan akses perangkat perusahaan, telah berubah akibat pandemi covid-19.

Beberapa perubahan perilaku umum yang dapat didapat kami petakan antara lain; waktu akses yang tidak konsisten, kerja jarak jauh, menjadi sulit untuk bisa mempertahankan waktu login dan logoff yang teratur. 

Lebih banyak rapat virtual, untuk memastikan setiap tim bekerja dengan baik, sebagian besar manajer melakukan komunikasi melalui rapat virtual.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini