Pemerintah Resmi Gelar BBI, Belanja Barang Lokal Gratis Ongkir Hingga 13 Mei

Pemerintah Resmi Gelar BBI, Belanja Barang Lokal Gratis Ongkir Hingga 13 Mei Kredit Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Pemerintah resmi menggelar program Hari Bangga Buatan Indonesia 2021 (BBI 2021) pada 5 Mei 2021. Pencanangan Program Hari BBI 2021 mengusung tema "Semakin Bangga Buatan Indonesia".

Hari BBI 2021 diharapkan dapat mendorong konsumsi rumah tangga di masyarakat agar dapat terus berjalan di tengah kebijakan pemerintah yang melarang mudik Lebaran untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Menkop Teten Optimis Gernas BBI dan BWI Bakal Dongkrak Omzet UMKM Jabar

"Pencanangan Hari BBI 2021 ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar momentum Ramadan dan Idulfitri 2021 harus dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, beberapa kebijakan dan program perlu dilakukan agar konsumsi masyarakat dapat terus meningkat di tengah kebijakan peniadaan mudik," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam diskusi virtual, Senin (3/5/2021).

Hari BBI 2021 didukung 72 platform e-commerce (niaga-el) yang memberikan sejumlah promosi niaga-el pada 5 Mei 2021 hingga 13 Mei 2021 mendatang. Melalui Hari BBI 2021, pemerintah mendorong platform niaga-el untuk menyediakan program gratis ongkos kirim (ongkir) dan program-program promosi belanja.

"Mudik tahun ini adalah 'mudik di hati', diharapkan berbagai promo tersebut mampu mendorong masyarakat menunda mudik Lebaran sekaligus meningkatkan keinginan masyarakat berbelanja produk Indonesia," imbuh Lutfi.

Sementara itu, dukungan idEA terhadap Pemerintah dalam pelaksanaan Hari BBI 2021 yaitu dengan menggencarkan kampanye Hari BBI 2021 melalui promosi dan sosialisasi di berbagai kanal informasi dan jejaring.

Ketua idEA, Bima Laga, menyatakan bahwa ada tiga produk UMKM di Indonesia yang berkembang, yakni pakaian, kerajinan, dan makanan. "Fashion, craft, dan makanan. Saat ini, memang UMKM kita masih kuat di tiga segmen tersebut," ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate menyatakan bahwa Hari BBI diselenggarakan sebagai langkah konkret guna mendukung pemulihan dan kebangkitan perekonomian Indonesia.

"Penyelenggaraan Hari BBI secara daring diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Bulan Suci Ramadan dan jelang Hari Raya Idulfitri. Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat makin berkurang," ujarnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini