Apa Itu Payment Gateway?

Apa Itu Payment Gateway? Kredit Foto: Ist

Payment gateway adalah gerbang perantara transaksi jual beli online melalui aplikasi yang dapat melakukan otorisasi proses pembayaran menggunakan kartu kredit, transfer antar bank, atau pembayaran langsung. Istilah ini tidak hanya mencakup perangkat pembaca kartu fisik yang ditemukan di toko ritel fisik, tetapi juga portal pemrosesan pembayaran yang ditemukan di toko online.

Payment gateway menjadi komponen kunci dari sistem pemrosesan pembayaran elektronik, karena merupakan teknologi front-end yang bertanggung jawab untuk mengirimkan informasi pelanggan ke bank penerima tempat transaksi kemudian diproses.

Sistem ini mengenkripsi informasi rahasia seperti nomor kartu kredit dan debit untuk membuat kamu yakin bahwa data yang dikirimkan antara pelanggan dan pedagang adalah rahasia dan aman.

Baca Juga: Apa Itu Laporan Tahunan?

Teknologi ini akan selalu berkembang untuk mencerminkan selera dan kapasitas teknis konsumen baru. Jika dahulu membutuhkan tanda tangan pelanggan, hari ini dengan perkembangan teknologi chip, fase tanda tangan dapat dihilangkan dengan menggunakan nomor identifikasi pribadi (PIN) yang dimasukkan langsung ke payment gateway tersebut.

Payment gateway online akan berbeda tergantung pada apakah itu gateway di dalam toko atau portal pembayaran online. Payment gateway online akan membutuhkan aplikasi pemrograman (API) yang memungkinkan situs web yang bersangkutan berkomunikasi dengan jaringan pemrosesan pembayaran. Gerbang pembayaran di dalam toko akan menggunakan terminal POS yang terhubung ke jaringan pemrosesan pembayaran secara elektronik menggunakan saluran telepon atau koneksi Internet.

Beberapa payment gateway di Indonesia yang terkenal yaitu Doku, iPaymu, Midtrans, Finpay, Espay, dan masih banyak lagi. Perusahaan-perusahaan tersebut menyediakan layanan sistem transaksi dari pembayaran e-Payment maupun secara elektronik. Selain itu juga bisa menghubungkan beberapa pihak seperti Billers/Merchants, Bank, Regulator/BI, Agents serta Customer atau End Users.

Pedagang dapat memperoleh akses ke sistem payment gateway melalui pedagang yang memperoleh kemitraan bank, atau mereka dapat memilih sistem gateway pembayaran mereka sendiri.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini