2 Alasan Anies Safari ke Daerah, Ngajarin Pemerintah Olah Pangan & Tebar Pesona Politik Nyapres 2024

2 Alasan Anies Safari ke Daerah, Ngajarin Pemerintah Olah Pangan & Tebar Pesona Politik Nyapres 2024 Kredit Foto: Twitter @aniesbaswedan

Beberapa waktu lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kegiatan atau 'safari' ke sejumlah daerah untuk menggarap potensi kerja sama pangan dengan daerah khususnya hasil pertanian seperti stok beras. Pengamat menilai ini juga ada kaitannya dengan Pilpres 2024 .

Dalam safari ke sejumlah daerah itu, Anies sempat bertemu kepala daerah seperti Gunernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, aktivitas Anies ke daerah bisa ditafsir dua hal.

Baca Juga: Anies Baswedan Keringetan saat Tanah Abang Diserbu 100 Ribu Orang

Pertama, Anies sedang menunjukkan kepada pemerintah pusat bagaimana cara mengelola pangan, meskipun DKI Jakarta tidak miliki lahan, tetapi ia tunjukkan politik kemitraan dengan daerah untuk suplai pangan tersebut.

"Kondisi ini jelas politis, meskipun terkait kinerja, tetapi Anies jelas memanfaatkan momentum itu untuk mendulang populisme," ujar Dedi saat dihubungi, Selasa (4/5/2021).

Kedua, lanjut Dedi, ada upaya menyelam sambil minum air yang dilakukan Anies. Artinya, dia bekerja sambil membangun jaringan dan konsolidasi personal menuju kontestasi Pilpres 2024.

"Anies tidak mungkin turun langsung menangani urusan BUMD jika ia tidak melihat peluang popularitas dan elektabilitas," kata Dosen Universitas Telkom itu.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini