Tentaranya Tewas Mengenaskan, Bukti Nyata Jet Tempur China Tak Secanggih yang Digaungkan

Tentaranya Tewas Mengenaskan, Bukti Nyata Jet Tempur China Tak Secanggih yang Digaungkan Kredit Foto: Reuters/CNS Photo

Jet tempur Shenyang J-15 Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) digadang bakal jadi salah satu senjata andalan, yang bisa digerakkan dengan cepat dari kapal induk. Akan tetapi, sebuah insiden kecelakaan justru membuat publik ragu akan kemampuan jet tempur China itu.

Menurut laporan yang dikutip dari China Military, pada 27 April 2017 seorang pilot Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) tewas dalam sebuah kecelakaan mengerikan.

Baca Juga: Nilainya Tembus Rp65 Triliun, Puluhan Jet Tempur Dassault Rafale Tiba di Mesir

Zhang Chao nama pilot Angkatan Laut China yang tewas dalam insiden maut itu. Jet tempur Shenyang J-15 yang dikemudikan oleh Zhang, gagal mendarat dengan sempurna dikarenakan kerusakan kontrol elektronik.

Padahal, saat itu Zhang terbang dengan ketinggian yang cukup rendah dari permukaan. Moncong pesawat yang sudah menurun dan mengarah ke landasan kapal induk Liaoning, seketika kembali berbelok arah kembali ke atas.

Tahu ada yang tak beres dengan pesawat yang dikendarainya, Zhang pun langsung mencoba keluar dari kokpit dengan menggunakan parasut. Nahas, setelah keluar dari kokpit parasut Zhang justru gagal terbuka. Tubuh Zhang remuk usai menghantam tanah dengan kecepatan tinggi.

Menurut laporan lain yang dikutip dari Global Times, insiden itu adalah kali pertama jet tempur Shenyang J-15 mengalami kecelakaan. Media yang menjadi corong Partai Komunis China (CPC) itu juga memastikan bahwa kerusakan kontrol elektronik pada pesawat jadi penyebab utama kecelakaan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini