Takut Digulung Pemerintah Indonesia, Benny Wenda Lantang Pamerkan 12 Kabinet dan 7 Komandan Militer

Takut Digulung Pemerintah Indonesia, Benny Wenda Lantang Pamerkan 12 Kabinet dan 7 Komandan Militer Kredit Foto: PA Images/Kirsty OConnor

Pentolan separatis Papua Barat, Benny Wenda, dan komplotannya telah telah mengumumkan pembentukan kabinet Pemerintah Sementara Papua Barat sejak 30 April lalu. Namun, dia tidak merilis nama-nama menteri pengisi 12 kabinet bentukannya dengan alasan takut ditindak oleh pemerintah Indonesia.

Wenda adalah pentolan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang sampai saat ini masih bersembunyi di Oxford, Inggris, karena mendapat suaka politik. Oleh ULMWP, dia dideklarasikan sebagai Presiden Sementara Papua Barat.

Baca Juga: Dari Persembunyiannya, Pentolan KKB Teroris di Papua Bentuk 12 Kementerian Pemerintahan Baru

"Setelah mengumumkan pembentukan Pemerintahan Sementara pada 1 Desember 2020, ULMWP telah membangun kapasitas pemerintahan di dalam wilayah jajahan. Langkah terbaru datang setelah Presiden Jokowi memerintahkan 'penumpasan' di Papua Barat sebagai tanggapan atas pembunuhan seorang kepala intelijen Indonesia," kata ULMWP dalam rilis persnya.

Kelompok itu mengatakan sejumlah orang Papua Barat terkemuka di dalam negeri telah diangkat mengisi kabinet, yang dipimpin oleh Presiden Sementara Benny Wenda dan Perdana Menteri Sementara.

Ke-12 departemen bentukan Benny Wenda dan komplotannya antara lain:

1. Departemen Luar Negeri

2. Departemen Lingkungan dan Kebijakan Negara Hijau

3. Departemen Dalam Negeri

4. Departemen Hak Semua Makhluk dan Keadilan

5. Departemen Urusan Politik

6. Departemen Urusan Indonesia

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini