Mengejutkan, Prabowo hingga Anies Kalah Telak dari Jokowi, Tiga Periode?

Mengejutkan, Prabowo hingga Anies Kalah Telak dari Jokowi, Tiga Periode? Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan/Pool

Penelitian dan pengembangan (Litbang) Kompas merilis hasil survei terkait nama-nama yang akan dipilih sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. 

Dari empat tokoh seperti Presiden Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, elektabilitas Jokowi yang tertinggi. 

Adapun pemilih Jokowi di Pilpres 2024 mendatang mencapai 24 persen, Prabowo Subianto 16,4 persen, Anies Baswedan 10 persen, dan Ganjar Pranowo 7,3 persen.

Baca Juga: Ini Dia Udang di Balik Batu Anies Safari ke Daerah-daerah, Gak Banyak yang Ngeh

Baca Juga: AHY Tertampar, Moeldoko Cs Bandingkan Demokrasi Era Jokowi & SBY, sampai Bawa-bawa HTI & FPI

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak di 34 provinsi. Margin of errorpenelitian sebesar +- 2,8 persen.

Terkait hasil survei tersebut, Direktur Eksekutif Indobarometer M Qodari memberikan komentarnya. Menurut dia, dari hasil tersebut dia menyarankan Jokowi maju lagi berpasangan Prabowo. 

Menurutnya menyatukan Jokowi dan Prabowo yang sama-sama memiliki elektabilitas tinggi adalah hal terbaik. "Menyatukan keduanya di 2024 akan membuat Indonesia aman, damai dan sejahtera, Insya Allah," sebut Qodari. 

Jokowi sendiri dalam berbagai kesempatan menegaskan tidak berminat menjadi presiden untuk 3 periode. "Apalagi yang harus saya sampaikan? Bolak-balik ya sikap saya tidak berubah. jangan membuat kegaduhan baru, kita saat ini tengah fokus pada penanganan pandemi," kata Jokowi.

"Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanahkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama," tegas Jokowi.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini