GAMKI Minta Penyelesaian Persoalan Papua dengan Pendekatan Kemanusiaan dan Kearifan Lokal

GAMKI Minta Penyelesaian Persoalan Papua dengan Pendekatan Kemanusiaan dan Kearifan Lokal Kredit Foto: Istimewa

Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) melaksanakan Ibadah Perayaan Paskah Nasional dan Dies Natalis ke-59 GAMKI di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Jumat (30/4).

Acara yang bertemakan "Usahakan Kesejahteraan Kota Dimana Kamu Berada dan Doakanlah!" dengan subtema "Meneguhkan Nasionalisme dan Ekumenisme Dengan Nilai-Nilai Pancasila" dihadiri oleh Dirjen Bimas Kristen, Prof. Thomas Pentury, Direktur Keamanan Negara, Brigjend Pol. Umar Effendi, Ketua Umum MPH PGI, Pdt. Gomar Gultom, dan dari negara sahabat, mewakili Kedubes Federasi Rusia, Dimitry Morozenkov.

Ketua Umum DPP GAMKI, Willem Wandik mengatakan bahwa Paskah Nasional dan Dies Natalis ke-59 GAMKI yang diadakan pada tahun ini merupakan refleksi kebangkitan umat Gereja dari kematian sifat manusia yang cenderung individualis, cinta dunia, memperkaya diri sendiri, untuk dapat melebur dalam keyakinan bersama Tuhan.

"Dies Natalis GAMKI ini bertujuan untuk melakukan perubahan sosial, budaya, politik, dalam konteks ketatanegaraan melalui pengorganisasian kepentingan umat Kristen dalam wadah pergerakan GAMKI secara nasional dan komprehensif," ungkapnya dalam pidato Dies Natalis GAMKI.

Menurut Willem Wandik, GAMKI adalah organisasi pergerakan umat yang visioner, menatap masa depan, serta selalu berusaha mencari solusi kebaikan bagi umat.

"Kita semua rela menanggalkan kemewahan pribadi kita sendiri, untuk mengabdi pada maksud mulia Tuhan dalam pengabdian, peribadatan, pelayanan, dan menciptakan bangsa dan negara yang maju, sejahtera, adil, tenteram, dan tentunya diberkati oleh Tuhan Yesus Kristus," ujarnya.

Terkait persoalan di Tanah Papua GAMKI mendorong penyelesaian dengan pendekatan kemanusiaan dan kearifan lokal.

"Kami meminta uluran tangan kita semua, untuk bergandengan tangan, mengetuk hati para penguasa di Republik ini, untuk menempuh jalan damai, jalan kasih, di setiap sudut tempat dimana pelayanan Gereja hadir, termasuk di dalam penuntasan siklus kekerasan bersenjata di Tanah Papua, melalui resolusi damai adat, di Tanah Injil," kata Wandik yang juga merupakan anggota DPR RI dari dapil Papua ini.

Dalam momentum Dies Natalis GAMKI, Willem Wandik juga menyampaikan dukungan untuk pelaksanaan Kongres Bersama KNPI yang dilakukan oleh tiga kepengurusan DPP KNPI. 

"GAMKI mengundang tiga kepengurusan DPP KNPI untuk hadir dalam kegiatan Paskah dan Dies Natalis GAMKI. Indonesia saat ini masih bersatu, maka pemuda Indonesia sebagai generasi masa depan bangsa seharusnya tidak terpecah-belah. Kami mendukung penuh dan siap menyukseskan pelaksanaan Kongres penyatuan," tegasnya. 

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini