Apa Itu Leading Indicator?

Apa Itu Leading Indicator? Kredit Foto: Freepik

Leading indicator adalah variabel minat yang dapat diukur atau diamati untuk memprediksi perubahan atau pergerakan dalam rangkaian data, proses, tren, atau fenomena menarik lainnya. Leading indicator atau indikator utama dapat berguna untuk membantu memperkirakan waktu, besaran, dan durasi kondisi ekonomi dan bisnis di masa depan.

Leading indicator memberikan informasi mengenai terjadinya perubahan harga. Leading indicator memberikan peluang untuk memperoleh keuntungan lebih besar, namun disertai dengan resiko yang juga tinggi.

Baca Juga: Apa Itu Payment Gateway?

Leading indicator membantu pengamat pasar dan pembuat kebijakan untuk memprediksi perubahan signifikan yang akan terjadi dalam perekonomian. Meski tidak selalu akurat, leading indicator bersama dengan data-data lain dapat membantu memberikan informasi mengenai keadaan ekonomi di masa depan. 

Leading indicator harus dapat diukur untuk memberikan petunjuk ke mana arah ekonomi selanjutnya. Investor menggunakan indikator ini untuk memandu strategi investasi mereka dalam mengantisipasi kondisi pasar di masa depan. Pembuat kebijakan dan gubernur bank sentral menggunakan leading indicator saat menetapkan kebijakan fiskal atau moneter. 

Sementara itu, dalam dunia bisnis digunakan untuk membuat keputusan strategis karena mengantisipasi bagaimana kondisi ekonomi masa depan dapat memengaruhi pasar dan pendapatan.

Leading indicator sering kali didasarkan pada data agregat yang dikumpulkan oleh sumber-sumber terkait dan berfokus pada aspek ekonomi tertentu. 

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini