Sedikit Lagi Berizin, Kapital Boost Indonesia Tuntaskan Live Demo OJK dengan Optimal

Sedikit Lagi Berizin, Kapital Boost Indonesia Tuntaskan Live Demo OJK dengan Optimal Kredit Foto: Kapital Boost

Kapital Boost tengah menjalani Live Demo dari OJK sebagai rangkaian administratif menuju status berizin. harapannya status tersebut dapat diraih pada di tahun2021 ini. 

General Manager Kapital Boost Indonesia, Fachri Kardiman menjelaskan bahwa kegiatan ini memang salah satu rangkaian untuk mendapatkan status berizin yang diatur oleh OJK dalam POJK nomor 77/POJK.01/2016. Dengan mengikuti alurnya secara optimal, bukan tidak mungkin Kapital Boost mampu meraih status berizin dengan segera di tahun ini.

Baca Juga: Kantongi Izin OJK, Modal Rakyat Perkuat Sinergi dengan Fazz Financial Group

Live Demo sendiri merupakan audit dan pemaparan technologi dari perusahaan fintech saat user menggunakan platform untuk mengajukan pembiayaan atau melakukan pendanaan. Hal ini diperlukan agar OJK dapat memastikan pelayanan yang proporsional sesuai dengan regulasi. Live Demo juga dapat menjadi sarana rekomendasi, saran juga kritik dari OJK selaku regulator terhadap sistem di Kapital Boost.

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting yang dimulai dari bulan Maret 2021 dan diikuti oleh beberapa stakeholder, dan seluruh divisi terkait. Sedangkan dari OJK, pihak yang terlibat langsung adalah bagian dari Direktorat Pengaturan Perizinan dan Pengawas Fintech (DP3F).

Seperti namanya, fungsi dari DP3F saat Live Demo adalah mengawasi, melakukan penilaian dan memastikan apakah produk Kapital Boost sudah proporsional dari sisi mitigasi risiko, asuransi kredit, juga transparansi informasi kepada stakeholder. Kegiatan ini dimulai dari pemaparan awal oleh tim Kapital Boost dengan mengadakan percobaan pendaftaran (registration trial) baik sebagai pendana dan juga UKM selaku pihak yang mengajukan pembiayaan. Sehingga, DP3F mampu melihat proses bisnis dari awal hingga akhir. 

Sejak terdaftar sebagai fintech peer to peer pembiayaan di OJK, Kapital Boost Indonesia segera mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengajukan status berizin dari OJK.  Sejauh kegiatan ini berlangsung, Kapital Boost sudah melakukan persiapan yang optimal sehingga Live Demo berjalan dengan baik dan lancar. 

Kedepannya, diharapkan Kapital Boost mampu mendapatkan status berizin dari OJK agar dapat lebih meningkatkan layanan serta kepercayaan kepada masyarakat luas. Hal ini sejalan dengan visi Kapital Boost untuk menjadi Platform P2P syariah terbesar di Indonesia, agar masyarakat dapat memiliki layanan keuangan yang sesuai dengan prinsip Islam dan tentunya membantu UKM berkembang dalam kebaikan lebih banyak lagi.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini