BNI Mobile Banking Jadi Aplikasi Mobile Terbaik Bank Nasional

BNI Mobile Banking Jadi Aplikasi Mobile Terbaik Bank Nasional Kredit Foto: BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menghadirkan BNI Mobile Banking sebagai aplikasi penyedia jasa perbankan terbaik di antara perbankan nasional lainnya. Diketahui, pengakuan ini didapatkan dari survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2021 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia (MRI).

Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan berbagai fitur yang dibenamkan dalam BNI Mobile Banking dinilai oleh BSEM sebagai layanan digital unggul yang melampaui bank-bank nasional penyedia layanan serupa.

Baca Juga: BNI Life Raih Predikat Perusahaan Peduli Covid-19

"BNI Mobile Banking merupakan salah satu Product Champion yang kami perkuat dalam program transformasi digital kami," kata Mucharom, Selasa (4/5/2021)

Mucharom mengatakan, sejumlah fitur terbaik yang ada pada BNI Mobile Banking salah satunya fitur pembukaan rekening secara digital dengan fitur pengenalan wajah atau face recognition. Menurutnya, fitur ini telah menjadi alternatif yang efektif bagi nasabah baru.

"BNI Mobile Banking dinilai tangguh dalam melayani masyarakat untuk bertransaksi secara cashless atau contactless transactions, serta branchless banking," katanya.

Mucharom menuturkan, pihaknya pun tak mau kalah dengan perusahaan jasa keuangan digital dengan menanamkan fitur baru yang memungkinkan pemesanan reksadana dan obligasi ritel secara mobile di BNI Mobile Banking.

Ia menyebutkan beragam keunggulan menjadi alasan pihaknya menduduki posisi teratas dalam Kategori 10 Performa Terbaik Mobile Banking 10 Bank Tahun 2020-2021 dari BSEM 2021.

Lebih lanjut, Mucharom menjelaskan pencapaian yang diraih pihaknya didukung juga oleh jumlah pengguna BNI Mobile Banking yang sudah mencapai 8,56 juta pada Kuartal 1 tahun 2021. Jumlah ini mengalami pertumbuhan sebesar 58,4% dibandingkan Kuartal I Tahun 2020, yang sebelumnya hanya 5,41 juta nasabah.

Dari sisi nilai transaksi, tambahnya, BNI Mobile Banking mengalami kenaikan Rp 138 triliun pada Maret 2021 atau tumbuh 33,2% dibandingkan Maret 2020 yang tercatat sebesar Rp 103 triliun. Ia pun mengatakan terjadi kenaikan dari jumlah transaksi yaitu sebanyak 95 juta pada kuartal I - 2021 atau meningkat 50,4% dibandingkan kuartal I - 2020 yang mencapai 63 juta transaksi.

"Tingginya animo pengguna BNI Mobile Banking disebabkan oleh fitur-fitur baru lainnya yang diluncurkan untuk melengkapi layanan di dalamnya, seperti Biometric Login, peminjaman dana, pengelolaan tagihan kartu kredit, pengembangan e-wallet hingga pengembangan QR payment," tuturnya.

Mucharom pun mengatakan Perseroan tak hanya memperkuat BNI Mobile Banking dalam menjalankan transformasi digitalnya, tapi juga memperkuat pelayanan digital pada segmen korporasi. Adapun upaya ini dilakukan melalui aplikasi terpadu bernama BNI Direct, serta pengembangan Application Programming Interface (API) Digital Service.

Ia menjelaskan saat ini BNI telah menyediakan 238 API services dan telah digunakan oleh lebih dari 3.000 klien. Jumlah ini disebutnya terbanyak di antara bank-bank di Indonesia.

Mucharom mengungkap pada bulan November 2020 lalu, API Digital Service BNI telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai pemenang Best Overall Developer Portal-Community Prize Nominees. Ia menyebutkan pihaknya berhasil menyisihkan sebanyak 32 pesaing API Portal dari korporasi global berbagai negara.

Menurutnya, BNI telah menanamkan perhatian serius pada pengembangan API ini sejak tahun 2018 hingga kini sudah mulai memberikan hasil.

Penghargaan Lain

Mucharom mengungkap, tak hanya penghargaan bagi aplikasi BNI Mobile Banking, BSEM juga menganugerahkan empat penghargaan lain bagi BNI sebagai yang terbaik dalam setiap kategorinya.

Adapun penghargaan tersebut antara lain BNI meraih posisi pertama dalam kategori Performa Terbaik Call Center 10 Bank Tahun 2020-2021. Ia menyebutkan hal ini sebagai buah dari kinerja layanan BNI Call 1500046 yang dapat dinikmati nasabah BNI selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, baik menggunakan fitur Interactive Voice Response (IVR) maupun langsung ke petugas BNI Call Officer.

Kedua, lanjut Mucharom, BNI kembali berhasil meraih posisi pertama dalam kategori Performa Terbaik Phone Banking Tahun 2020-2021. Sementara itu, Mucharom mengungkap penghargaan ketiga yakni BNI menduduki posisi pertama dalam kategori Performa CRM - Public Area 5 Bank Konvensional Tahun 2020-2021 dan terakhir, BNI meraih posisi pertama dalam kategori 10 Bank Terbaik dalam Pelayanan Prima Contact Center Tahun 2021.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini