Guys! Catat Baik-Baik, Begini Jurus Jitu Terhindar dari Modus Penipuan Digital

Guys! Catat Baik-Baik, Begini Jurus Jitu Terhindar dari Modus Penipuan Digital Kredit Foto: Unsplash/NordWood Themes

Dengan kemajuan teknologi sangat memberikan banyak manfaat dan kemudahan. Namun, tak bisa dipungkiri, kemajuan ini justru kerap dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Termasuk, banyak modus-modus penipuan yang biasanya memanfaatkan platform seperti media sosial, email, telepon, hingga aplikasi bodong yang belum jelas keamanannya.

Terkait itu, Andrisyah Tauladan, Direktur AsetKu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/5/2021), mengaku penipuan digital ini juga meresahkan pihaknya. Karena itu, ia menganjurkan agar pengguna dapat lebih hati-hati, bijaksana dan cermat dalam memilah kebenaran informasi. Baca Juga: Pemerintah Godok Aturan Pengawasan Investasi Manufaktur

“Kami juga terima beberapa laporan ada yang mengatasnamakan AsetKu di media sosial Telegram, menawarkan produk saham dengan mengimingi keuntungan besar. Hal ini tentu sudah menjadi kasus pencurian identitas/merek dagang dan sedang kami investigasi lebih dalam dengan tim legal kami”

Andrisyah menekankan AsetKu tidak memiliki akun resmi Telegram, dan sampai tanggal berita ini dikeluarkan Asetku tidak memiliki produk saham yang diperjualbelikan atau produk lainnya diluar aplikasi AsetKu. Baca Juga: Korban Investasi Bodong EDCCash Takut karena Abdulrahman Yusuf Main Ancam-ancam Segala

Adapun, ia meminta kepada para pengguna untuk cermat agar terhindar modus penipuan, seperti dirangkum berikut:

1. Menjaga informasi pribadi

Ada baiknya untuk menjaga informasi pribadi dengan tidak sembarang memberikannya kepada instansi/orang lain yang tidak dipercaya. Informasi pribadi ini mencakup nama lengkap, nomor telepon, alamat, nomor KTP, nomor rekening/kartu kredit, dan data-data penting lainnya.

Jangan juga sembarang mengirimkan foto selfie dengan KTP ataupun foto kartu bank. Karena saat ini banyak sekali modus yang meminta anda untuk mengirimkan foto selfie dengan KTP Anda, dengan begitu data anda akan digunakan untuk pengajuan pinjaman bodong misalnya. Untuk mencegahnya, sebaiknya anda hanya mengirim data tersebut kepada instansi resmi yang sudah terjamin dan dapat dipercaya kebenarannya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini