Ribut-ribut Apple dan Facebook, Isi Email Steve Job 10 Tahun Lalu Dibongkar!

Ribut-ribut Apple dan Facebook, Isi Email Steve Job 10 Tahun Lalu Dibongkar! Kredit Foto: Unsplash/AB

Rantai email yang bongkar oleh Epic Games sebagai bagian dari gugatannya terhadap Apple memberikan konteks pertarungan Facebook dengan Apple atas App Store-nya. Agustus lalu, Facebook mengatakan aturan App Store Apple menghambatnya merilis aplikasi Facebook Gaming untuk iPhone seperti yang diinginkannya.

Dilansir dari CNBC International di Jakarta, Rabu (5/5/21) COO Facebook Sheryl Sandberg mengatakan perusahaan harus menghapus bagian aplikasi yang memainkan game untuk mendapatkan persetujuan di App Store Apple untuk iPhone.

Kini, email antara tiga mantan eksekutif Apple, termasuk Steve Jobs, dari tahun 2011 menunjukkan bahwa konflik serupa antara Apple dan Facebook pernah terjadi lebih dari sepuluh tahun lalu. Saat itu, Facebook hendak diluncurkan ke iPad tetapi ditunda.

Baca Juga: Gokil! Aset Properti Mark Zuckerberg Nambah, 1.300 Hektare Tanah di Hawaii Milik Sang Bos Facebook

Ketegangan antara Apple dan Facebook atas penolakan App Store masih berlangsung. Tahun lalu, Facebook secara terbuka menuduh Apple menggunakan kontrolnya atas App Store dan iPhone untuk merugikan pengembang dan konsumen.

Pertukaran tersebut dipublikasikan sebagai bagian dari cache pameran yang digunakan dalam uji coba Apple-Epic, tetapi dihapus setelah diposting.

iPad milik Apple keluar pada tahun 2010, tetapi Facebook tidak merilis aplikasi untuk iPad sampai Oktober 2011. Di antara dua tanggal tersebut, seorang insinyur Facebook bahkan berhenti dalam posting blog publik yang mengungkap hubungan yang tegang dengan Apple.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini