Meski Negatif, BPS Nilai Pertumbuhan Ekonomi Mulai Membaik

Meski Negatif, BPS Nilai Pertumbuhan Ekonomi Mulai Membaik Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Kontraksi ekonomi masih berlanjut pada triwulan I 2021. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi pada triwulan pertama tahun ini sebesar -0,74% (secara tahunan) dan -0,96% jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan ada perbaikan jika dibandingkan dengan triwulan IV saat pertumbuhan ekonomi sebesar -2,19% dan triwulan III yang sebesar -3,49% secara tahunan.

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Masih Minus 0,74% di Kuartal I 2021

Ia mengatakan sinyal positif pertumbuhan ekonomi mulai terlihat. Pemulihan tersebut tampak dari pergerakan ekonomi pada triwulan I 2021 yang lebih baik dibanding dua triwulan sebelumnya.

“Secara year on year pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi 0,74%. Namun apa yang kita capai ini mengalami perbaikan signifikan. Ini juga mengonfirmasi tanda-tanda pemulihan ekonomi semakin nyata,” kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di Jakarta ,Rabu (5/5/2021).

Adapun struktur penopang pertumbuhan ekonomi  pada triwulan pertama 2021 yaitu industri, pertanian, perdagangan, konstruksi, dan pertambangan dengan kontribusi 64,56%.

Sementara itu dari 17 sektor penopang pertumbuhan, hanya tujuh yang tumbuh positif yaitu sektor pertanian, informasi dan komunikasi,pengadaan air, jasa kesehatan, pengadaan listrik &gas dan real estate. “Pertumbuhan tertinggi terjadi untuk informasi dan komunikasi sebesar 8,72%,” tambahnya.

Sementara itu sektor yang paling anjlok adalah transportasi dan pergudangan (-13,12%), serta akomodasi dan makanan-minuman (-7,26%).

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini