Isyaratkan Lepas dari Ketergantungan China, Uni Eropa Umumkan Rencana Strategis Ini

Isyaratkan Lepas dari Ketergantungan China, Uni Eropa Umumkan Rencana Strategis Ini Kredit Foto: Flickr/European Parliament

Uni Eropa (UE) mengumumkan rencana untuk mengurangi ketergantungan China dan sejumlah negara lain enam bidang strategis. Beberapa diantaranya adalah bahan mentah, bahan farmasi, dan semikonduktor setelah kemerosotan ekonomi yang dipicu pandemi.

UE menguraikan urgensi tugas tersebut dengan alasan bahwa ketergantungan Eropa pada China untuk sekitar setengah dari 137 produk yang digunakan dalam ekosistem sensitif, terutama bahan mentah dan obat-obatan serta produk lain yang menjadi kunci tujuan hijau dan digital blok tersebut.

Baca Juga: Begini Sanksi Teranyar Uni Eropa untuk Puluhan Pejabat Junta Myanmar

Rencana strategi industri yang diperbarui dibuat setelah pandemi Covid-19 menunjukkan kemacetan dalam rantai pasokan dan eksekutif Komisi Eropa berencana untuk melakukan tinjauan mendalam terhadap rantai pasokan bahan mentah, baterai, bahan farmasi aktif, hidrogen, semikonduktor, serta teknologi cloud, dan edge, untuk memutuskan cara menanganinya.

"Strategi Industri yang diperbarui hari ini adalah tentang memastikan industri kita diperlengkapi untuk mendorong transformasi digital dan hijau ekonomi kita sambil memastikan daya saing industri kita, juga dalam konteks pemulihan dari krisis virus korona," ujar Wakil Presiden Komisi Eropa, Margrethe Vestager.

"Langkah-langkah UE dapat mencakup diversifikasi pasokan dan permintaan yang bergantung pada mitra dagang yang berbeda bila memungkinkan, tetapi juga menimbun dan bertindak secara otonom kapan pun diperlukan," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Rabu (5/5/2021).

Untuk mengurangi ketergantungan impor, jelasnya, negara-negara UE dapat mengumpulkan sumber daya untuk Proyek Penting Kepentingan Bersama Eropa (IPCEI) di bidang cloud generasi berikutnya, hidrogen, industri rendah karbon, obat-obatan dan IPCEI kedua pada semi-konduktor mutakhir.

Sebuah IPCEI akan memungkinkan pemerintah UE untuk memompa dana di bawah aturan bantuan negara yang lebih mudah dan bagi perusahaan untuk bekerja sama dalam seluruh rentang proyek, dari desain hingga produksi, dan aplikasi hilir. 

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini