Meski Ganjar Terus Juarai Survei Capres, Tapi Megawati Belum Kasih Sinyal

Meski Ganjar Terus Juarai Survei Capres, Tapi Megawati Belum Kasih Sinyal Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo jadi satu-satunya kader PDIP di luar Jokowi yang punya elektabilitas tinggi. Dalam sejumlah survei capres, Ganjar selalu menjadi juaranya. Relawan pendukung untuk Ganjar Capres 2024 juga sudah bertebaran di mana-mana. Sayangnya, hingga kini Megawati sebagai yang pegang tiket di PDIP, masih belum kasih sinyal. Kondisi ini, tentunya bikin Ganjar nggak enak hati.

Dalam berbagai survei capres, Ganjar selalu menempati posisi 3 besar. Elektabilitasnya terus kejar-kejaran dengan dua pesaing lainnya, yakni Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga: Bulan Madu Megawati-Nadiem Selesai, Reshuffle Kelar, Mas Menteri Langsung Dihajar PDIP

Terbaru, survei yang dilakukan Lembaga Penelitian, Pendidikan, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES). Meskipun tidak juara, di survei itu Ganjar masih berada di posisi tiga besar dengan tingkat keterpilihan sebesar 9,6 persen. Sementara di posisi pertama ditempati Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subiyanto, kemudian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sehari sebelumnya, lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) juga merilis hasil surveinya. Dalam survei ini, Ganjar berada pada posisi teratas dengan perolehan sebanyak 15,7 persen. Sementara Anies di posisi kedua dengan tingkat keterpilihan 14,6 persen, dan Prabowo sebesar 11,1 persen.

Survei ini dilakukan melalui wawancara via telepon pada 13-17 April 2021. Ada 1.200 responden yang dipilih acak menggunakan metode simple random sampling di 34 provinsi Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini berada pada 95 persen dengan margin of error penelitian +- 2,9 persen.

Selain dua lembaga tersebut, masih banyak lagi hasil survei capres yang menempatkan gubernur 2 periode itu di posisi teratas. Bahkan dalam survei khusus untuk anak-anak muda, Ganjar tetap menjadi primadonanya.

Di internal PDIP, tren tinggi yang dimiliki Ganjar tak begitu direspon positif sejumlah kader banteng. Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu PDIP, Bambang Wuryanto bahkan menyebut, Ganjar belum masuk pertimbangan sebagai calon presiden. Meski elektabilitasnya hari ini tergolong tinggi, kata dia, masih terlalu jauh jika bicara tiket capres 2024.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini