Sucofindo Dorong UMKM Berdaya Saing, Adakan Pelatihan Penyelia Halal Gratis

Sucofindo Dorong UMKM Berdaya Saing, Adakan Pelatihan Penyelia Halal Gratis Kredit Foto: Sucofindo

Sebagai komitmen dalam tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan membantu pemulihan ekonomi, serta pengembangan industri halal nasional, PT SUCOFINDO (Persero) memberikan layanan pelatihan Penyelia Halal gratis bagi 25 UMKM. Dalam kegiatan ini SUCOFINDO bekerja sama dengan Rietzstar, di mana peran Rietztar sebagai pembina para UMKM tersebut. 

“Pelatihan ini kami adakan sebagai respon mendorong pemulihan ekonomi nasional, serta upaya penguatan industri halal khususnya untuk UMKM. Pelatihan ini diberikan secara gratis kepada 25 UMKM terpilih berdasarkan keanggotaan dengan Rietzstar,” kata Direktur Komersial 1 PT SUCOFINDO (Persero) Herliana Dewi. Kegiatan ini terlaksana selama 2 hari melalui layanan meeting online (4-5/5).

Baca Juga: Kampanye 5.5 Hari BBI, Dorong Pertumbuhan Produk Dalam Negeri dan Pelaku UMKM

Herliana menambahkan bahwa salah satu syarat permohonan Sertifikat Halal adalah pelaku usaha memiliki Penyelia Halal yang memiliki wawasan luas dan memahami syariat kehalalan.

”Kami berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM, sehingga para pelaku usaha memiliki daya saing dalam pasar domestik dan mampu menjangkau pasar export dalam waktu dekat,” ujar Herliana.

Selain itu, Herliana pun optimis dengan bergabungnya para UMKM ini dengan Rietzstar akan memberikan nilai tambah yang lebih optimal. “Para UMKM ini saya yakin akan dibina dengan baik, khususnya dalam menjaga kualitas produknya, serta manajemen penjualannya,” tambahnya.

Pelatihan ini menurut Herliana merupakan bagian awal dari program pembinaan untuk Sertifikasi Halal, yang selanjutnya SUCOFINDO terus berkomitmen dalam pengembangannya.

”Ini pun merupakan bentuk tanggung jawab sosial SUCOFINDO melalui Unit PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungn) untuk membantu dan membina UMKM agar dapat naik kelas dan memiliki daya saing,” kata Herliana. Hal ini sejalan dengan tema yang kami angkat “SERTIFIKASI HALAL, MENDORONG UMKM NAIK KELAS”.

Bentuk tanggung jawab sosial ini, SUCOFINDO mengedepankan penerapan Creating Shared Value (CSV), salah satunya berdasarkan peran SUCOFINDO sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Sebagaimana diketahui PT SUCOFINDO (Persero) telah ditetapkan secara resmi sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Keputusan ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor 117 Tahun 2020 yang diserahkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pada tanggal 10 November 2020.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini