Kisah Orang Terkaya: Dilip Shanghvi, Penjual Obat Berharta Rp169 T Berkat Caplok Banyak Perusahaan

Kisah Orang Terkaya: Dilip Shanghvi, Penjual Obat Berharta Rp169 T Berkat Caplok Banyak Perusahaan Kredit Foto: Forbes

Salah satu orang terkaya di India, Dilip Shanghvi ialah CEO dari Sun Pharma. Pria kelahiran 1 Oktober 1955 ini merupakan orang terkaya ke-9 di India dengan kekayaan bersih USD11,9 miliar (Rp169 triliun).

Dilip lahir di kota kecil Amerli di Gujarat. Ayahnya adalah seorang pengusaha grosir obat bius di Kolkata. Dia menempuh pendidikan di JJ Ajmera High School dan kemudian lulus dengan gelar Sarjana Perdagangan dari Bhawanipur Education Society College di bawah Universitas Calcutta.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Rodolphe Saadé, Pemilik Pelayaran Logistik Terbesar di Dunia

Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia mulai membantu ayahnya dalam bisnis grosir obat generik di Kolkata sebagai distributor obat. Pada saat itulah ide untuk mendirikan perusahaan pembuatan obat-obatan terlintas di benaknya.

Dia pun kemudian meminjam Rs. 10.000 dari ayahnya dan mendirikan Sun Pharmaceutical Industries di Vapi, Gujarat, pada tahun 1982. Bisnis ini dimulai dengan tim pemasaran yang terdiri dari dua orang dan fasilitas manufaktur kecil yang hanya menghasilkan lima produk psikiatri.

Shanghvi dan timnya bekerja keras untuk mengembangkan bisnis sedikit demi sedikit, dan pada awal 1990-an perusahaan telah membuka fasilitas penelitian dan manufakturnya sendiri. Lini produk baru di bidang kardiologi dan gastroenterologi juga telah ditambahkan.

Pada awal 1990-an perusahaan juga mulai mengekspor ke negara tetangga. Pada tahun 1994, perusahaannya pun go public.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini