Warga Jabodetabek Kini Bisa Urus Berkas STNK Lewat LinkAja

Warga Jabodetabek Kini Bisa Urus Berkas STNK Lewat LinkAja Kredit Foto: Telkomsel

LinkAja kini menyediakan layanan pembayaran pajak dan pengurusan surat tanda kendaraan bermotor atau STNK khusus bagi warga Jabodetabek pada aplikasinya. Layanan ini mencakup pengurusan dan perpanjangan STNK secara tahunan atau 5 tahunan, proses balik nama, blokir pelat nomor, dan mutasi kendaraan.

"Di situasi pandemi Covid-19, digitalisasi di berbagai sektor sangat diperlukan untuk mempermudah masyarakat tetap beraktivitas dengan mengedepankan keamanan dan kenyamanan," kata Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja, dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: LinkAja Akuisisi iGrow Permudah Akses Pembiayaan dan Membantu Pertumbuhan UMKM di Indonesia

Untuk mengakses layanan ini, pengguna cukup membuka aplikasi LinkAja. Kemudian, mereka harus memilih menu layanan perpajakan tax services.

Selanjutnya, pengguna melakukan pemesanan layanan dan mengunggah berkas, seperti STNK dan KTP. Seusai melakukan pembayaran, dokumen akan dijemput oleh kurir untuk diproses di kantor Samsat terdekat.

Waktu penjemputan, pemrosesan, dan pengantaran dokumen akan berlangsung dalam kurun 3x24 jam. Melalui fitur layanan tersebut, pengguna bisa melacak dokumen untuk memudahkan mereka mengetahui status pengurusan STNK-nya.

Haryati menyebut, layanan pengurusan STNK itu melengkapi ekosistem pembayaran pajak melalui LinkAja. Sebelumnya, Link Aja menyediakan pelbagai saluran pembayaran, seperti pembayaran pajak bumi dan bangunan atau PBB, e-Samsat, retribusi, maupun pembayaran penerimaan negara, seperti PNBP, bea cukai, dan pajak online.

Selain mempermudah kegiatan masyarakat, layanan ini diyakini bisa menekan penyebaran kasus Covid-19. "Selain itu, kami berharap solusi ini juga dapat membantu pemerintah dalam memaksimalkan potensi pendapatan negara," kata Direktur Utama LinkAja tersebut.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini