Mengenal Bipang Ambawang, Kuliner Khas Kalimantan yang Dipromosikan Jokowi

Mengenal Bipang Ambawang, Kuliner Khas Kalimantan yang Dipromosikan Jokowi Kredit Foto: Antara/BPMI Setpres/Lukas

Promosi kuliner khas Nusantara yang disampaikan oleh Presiden Jokowi menjadi perbincangan hangat publik. Dalam unggahan video tersebut, Presiden Jokowi menyebut bipang Ambawang dari Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi salah satunya.

"Untuk bapak/ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," kata Jokowi dalam video tersebut.

Baca Juga: Jokowi Promo Makanan Bipang, Mendag: Kami Minta Maaf Jika Ada Salah Paham

Bipang dikenal sebagai singkatan dari babi panggang, benar adanya yang merupakan salah satu kuliner khas Ambawang. Kuliner satu ini non halal, biasanya dikonsumsi oleh masyarakat di daerah tersebut mayoritas non-muslim.

Dikutip dari video Instagram @temenin makan menjelaskan, bahwa bipang Ambawang merupakan kuliner paling laris dan viral. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmatinya.

"Bipang Ambawang yang terkenal banget. Di sini yang terkenal, yaitu ada babi panggang yang satu ekor gitu guys. Jadi di sini aku mau pesan bareng teman-teman buat makan. Nah, jadi di sini ada babi panggangnya yang crispy banget nih ini khas Ambawang dan ini wangi buanget," katanya.

Sementara itu Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman mengunggah sebuah makanan bernama bipang. Makanan ini nampak seperti jajanan ringan yang biasa dijual di pasar, atau warung-warung kecil.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini