Bocor-bocor, Pemudik yang Masuk Jawa Tengah Capai Satu Juta Orang

Bocor-bocor, Pemudik yang Masuk Jawa Tengah Capai Satu Juta Orang Kredit Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Arus kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah (Jateng) sampai saat ini masih terjadi. Padahal penyekatan sudah dilakukan di mana-mana. Namun para pemudik yang nekat tetap mencari celah. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh bupati dan wali kota siaga mengantisipasi kebocoran pemudik.

"Pemudik masih nekat berdatangan. Ada dua catatan yang masuk. Catatan dari aplikasi Jogo Tonggo ada 10 ribu, tapi baru 6-8 persen yang melaporkan. Tapi catatan dari Perhubungan dari asumsi-asumsi angkutan yang masuk, sudah ada 632.000 pemudik," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hari ini, Minggu 9 Mei 2021, memantau arus kendaraan dari Semarang sampai Tegal.

Baca Juga: Gak Mempan Mudik Dilarang, Ratusan Pemudik Terobos Pos Penyekatan di Tengah Hujan!

Angka tersebut menurutnya kemungkinan masih bertambah mengingat Lebaran masih beberapa hari lagi. Prediksi Ganjar, mereka yang nekat mudik bisa sekitar sejuta pemudik atau hampir sama dengan tahun lalu.

"Saya kira-kira yang akan masuk ke Jateng segitu. Saya minta ada pengetesan-pengetesan di level yang paling bawah," kata dia.

Baca Juga: Polisi Laporkan 70 Ribu Kendaraan Terindikasi Mudik Diputar Balik

Meski begitu, Ganjar berharap masyarakat taat untuk tidak mudik. Ia kemudian mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat yang dengan sadar menunda kepulangan.

Ia meminta RT, RW, Lurah proaktif melakukan pengecekan, yang nekat mudik harus dicek.

"Contoh di Banyumas itu bagus. Sampai-sampai salah satu pemudik terpaksa diisolasi karena dilaporkan istrinya sendiri," kata dia.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini