Ada Isu Kalau Jokowi Diam-diam Mudik Lebaran, Benar Gak Sih?

Ada Isu Kalau Jokowi Diam-diam Mudik Lebaran, Benar Gak Sih? Kredit Foto: WE

Muncul isu kalau Presiden Jokowi diam-diam mudik lebaran, di tengah aturan pengetatan dan larangan mudik hari raya. Sebuah unggahan di media sosial mempertanyakan Presiden Joko Widodo pulang kampung saat pelaksanaan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021 untuk mencegah peningkatan kasus COVID-19.

Unggahan di Twitter pada Sabtu (8/5) itu menyertakan rekaman video berdurasi 41 detik yang menampilkan rombongan pengamanan khusus di jalan raya.

Perekam video yang tampak berada di belakang kemudi sebuah kendaraan, dalam unggahan itu, menyebut, "Ini letter B. Ini pulang apa mudik nih kaya begini? Itu letter B semua tuh.. Udah buka wilayah pulang kampung.. RI 1 pulang kampung tuh.. RI 1 pulang kampung.."

Sementara, pemilik akun pengunggah video itu menambahkan narasi,

"Apa iya Jokowi pulang kampung??? Berarti... Yg mudik... (mau bilang serbu, ngga berani)"

Berdasarkan penelusuran rombongan pengawal dan pengamanan khusus itu merupakan rombongan Presiden Jokowi tapi bukan untuk mudik. Video itu menampilkan perjalanan kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Jawa Timur pada Kamis (6/5).

Jokowi pada tanggal itu melakukan kunjungan kerja di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, dan menuju Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong di Lamongan. Selain di Lamongan, rombongan Presiden Jokowi juga mengunjungi fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di TPA Benowo, Surabaya.

Setelah melakukan kunjungan kerja itu, rombongan Presiden langsung bertolak ke Jakarta pada sore harinya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini