Saat Ini Harga Pangan Pokok Lagi Naik-naiknya

Saat Ini Harga Pangan Pokok Lagi Naik-naiknya Kredit Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mengatakan, kenaikan harga pangan pokok tengah masuk dalam fase puncak pada Ahad (9/5). Itu lantaran permintaan masyarakat naik signifikan untuk mempersiapkan kebutuhan pada hari lebaran.

Ketua Umum Ikappi, Abdullah Mansuri mengatakan, puncak permintaan yang diikuti kenaikan harga pada akhir pekan ini karena pada H-2 dan H-1 lebaran pedagang mulai berkurang sehingga stok yang tersedia di pasar menurun.

"Ini sesungguhnya puncak jadi beberapa komoditas cukup tinggi. Mendekati lebaran masih walau kecil, mungkin 50 persen pedagang yang masih berjualan," kata Mansuri dikutip dari Republika, Ahad (9/5).

Ia menyebut, harga pangan yang mengalami kenaikan cukup tinggi yakni daging sapi, daging ayam, minyak goreng, aneka cabai, bawang merah dan bawang putih, gula, serta beras yang juga mengalami kenaikan harga.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini