Jika Ridwan Kamil Nyalon Presiden, 2 Srikandi Ini Berpeluang Menang di Pilgub Jabar

Jika Ridwan Kamil Nyalon Presiden, 2 Srikandi Ini Berpeluang Menang di Pilgub Jabar Kredit Foto: Antara/M Agung Rajasa

Dua srikandi dalam perpolitikan nasional muncul sebagai kandidat gubernur Jawa Barat mendatang. Kedua calon gubernur Jawa Barat tersebut yakni Airin Rachmy Diany dan Desy Ratnasari. 

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan dan anggota DPR RI ini muncul dalam survei yang dilakukan Indonesian Politics Research & Consulting. Mereka bersaing dengan sejumlah nama, seperti gubernur Jabar saat ini, Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, Dedy Mulyadi, hingga Rieke Diah Pitaloka. 

Direktur Riset IPRC Leo Agustino menjelaskan populasi survei yaitu masyarakat yang berada di sembilan daerah Jabar, yakni Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Cirebon. 

Baca Juga: Meski Tak Miliki Jabatan Publik, Popularitas AHY Ngebut Salip Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno

"Mereka berusia 17 tahun keatas atau telah menikah saat survei dilakukan," katanya kepada wartawan di Bandung, pekan lalu.

Sampel dalam survei ini sebanyak 400 orang dengan metode penarikan sampel melalui multistage random sampling. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 396 responden atau 99 persen. Sebanyak 396 responden ini yang dianalisis. Margin of error rata-rata sebesar 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Leo mengungkapkan meski terdapat keterbatasan sampel yang tidak mewakili populasi masyarakat Jabar secara keseluruhan, pilihan wilayah mewakili karakteristik demografis, yaitu masyarakat perkotaan (urban), transisi (sub-urban), dan perdesaan (rural).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini