Apa Itu Manajemen Pemasaran?

Apa Itu Manajemen Pemasaran? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators

Pemasaran mengacu pada proses komunikasi, penciptaan dan penyampaian fungsi organisasi kepada klien mereka yang bernilai. Mungkin Anda sudah tahu jika pemasaran adalah jiwa dari kesuksesan perusahaan. Perusahaan perlu mengkomunikasikan nilai dan fitur produk mereka secara efektif kepada pelanggan, kecuali jika mereka gagal mencapai target mereka. Manajemen pemasaran harus menjaga fungsi kritis ini.

Manajemen adalah proses menyelesaikan sesuatu secara terorganisir dan efisien. Manajemen pemasaran bertujuan untuk melakukan operasi kegiatan pemasaran yang efisien. Manajemen dapat pemasaran memperlancar proses pertukaran kepemilikan barang dan jasa dari penjual ke pembeli. Manajemen pemasaran, seperti semua bidang manajemen lainnya terdiri dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang, serta jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan bagi individu atau organisasi. Dari penjabaran definisi tersebut, Anda dapat memahami bahwa manajemen pemasaran adalah proses yang melibatkan analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian barang, jasa, dan ide. Proses manajemen pemasaran didasarkan pada gagasan pertukaran.

Baca Juga: Apa Itu Referral Marketing?

Apa tujuan dari proses seperti itu? Jawaban sederhananya adalah memberikan kepuasan kepada semua orang yang terlibat dalam proses tersebut, termasuk perusahaan, pelanggan, distributor, dan semua yang terlibat didalamnya. 

Apa yang dilakukan manajer pemasaran, atau peran apa yang dia mainkan dalam proses yang melibatkan manajemen pemasaran? Tugasnya dalam proses ini adalah menemukan prospek dan merangsang mereka untuk membeli produknya. Tetapi ini tidak benar-benar menjelaskan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer pemasaran secara keseluruhan.

Sebagian besar pakar pemasaran percaya bahwa tugas manajer pemasaran adalah mengelola permintaan produknya. Anda perlu menyadari bahwa seorang manajer pemasaran memiliki tuntutan lainnya dalam mengemban tugasnya.  

Selain untuk meningkatkan permintaan akan produknya, manajer pemasaran melakukan banyak kegiatan lain yang beragam. Dia harus bisa mempengaruhi peningkatan, waktu, dan komposisi permintaan untuk membantu organisasinya dalam mencapai tujuannya.

Manajemen pemasaran memiliki tanggung jawab langsung untuk mencari tahu area di mana produk dan layanan perusahaan gagal memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, serta untuk memulai program pemasaran yang giat untuk memberikan kepuasan yang diinginkan secara eksplisit berdasarkan apa yang diminta oleh konsumen. Sifat dan tujuan manajemen pemasaran akan menjadi jauh lebih berorientasi pada konsumen dan lebih sedikit berorientasi pada produk dan atau perusahaan tersebut untuk keuntungan jangka panjang dari perusahaan itu sendiri.

Kegiatan dalam manajemen pemasaran meliputi:

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini