SpaceX Elon Musk Luncurkan Satelit dengan Pembiayaan Dogecoin

SpaceX Elon Musk Luncurkan Satelit dengan Pembiayaan Dogecoin Kredit Foto: Unsplash/Executium

Perusahaan manufaktur dan logistik yang berbasis di Kanada, Geometric Energy Corporation akan meluncurkan muatan yang didanai Dogecoin pada salah satu roket pertama SpaceX ke bulan.

Dalam pengumuman hari Minggu dari Geometric Energy Corporation, perusahaan tersebut mengatakan satelit komersialnya dapat melakukan perjalanan ke bulan paling cepat pada kuartal pertama 2022 di atas kendaraan peluncuran SpaceX Falcon 9. Dengan berat 40 kilogram--kira-kira 88 pon--muatan dirancang untuk "memperoleh kecerdasan spasial bulan dari sensor dan kamera internal dengan sistem komputasi dan komunikasi terintegrasi".

"Setelah secara resmi bertransaksi dengan DOGE untuk kesepakatan sebesar ini, Geometric Energy Corporation dan SpaceX telah memantapkan DOGE sebagai unit akun untuk bisnis bulan di sektor luar angkasa," kata CEO Geometric Energy Samuel Reid dikutip dari Cointelegraph, Senin (10/5/2021).

Baca Juga: Jadi Korban Eksploitasi, Larva Labs Rugi Hingga Rp9,9 M

Tom Ochinero, Wakil Presiden Penjualan Komersial SpaceX, menambahkan:

"Misi ini akan mendemonstrasikan penerapan mata uang kripto di luar orbit Bumi dan menetapkan dasar untuk perdagangan antarplanet."

Baik SpaceX maupun Energi Geometris tidak menentukan bagaimana Dogecoin (DOGE) digunakan untuk mendanai upaya tersebut. Biaya tersebut mungkin merujuk sebagian untuk pengembangan muatan atau termasuk dana untuk mengirimkannya ke bulan.

Misi bulan sebelumnya memiliki label harga yang signifikan. Chang'e 4 dari Program Eksplorasi Bulan China, kendaraan terakhir yang melakukan pendaratan lunak di permukaan bulan pada 2019, menelan biaya 1,2 miliar yuan, atau sekitar US$172 juta(Rp2,4 triliun) pada saat itu untuk mengirim pendarat seberat 1.200 kg dengan 140 kg penjelajah ke bulan.

Penjelajah Atmosfir Bulan dan Lingkungan Debu NASA, sebuah satelit yang diluncurkan untuk mengorbit bulan pada 2013, membawa massa muatan 49,6 kg dengan biaya sekitar US$280 juta, termasuk penelitian dan pengembangan--US$5,6 juta per kg, belum termasuk massa saat diluncurkan.

Jika satelit Geometric Energy menanggung biaya yang sama, meskipun desain SpaceX kemungkinan lebih efisien delapan tahun ke depan-perusahaan harus membayar sekitar US$225,8 juta untuk muatan 40 kg, atau lebih dari 388 juta DOGE pada saat publikasi. Ini akan mewakili 0,3% dari pasokan yang beredar dari 129,5 miliar token DOGE.

Pendiri SpaceX, Elon Musk, telah berulang kali mengisyaratkan--mungkin dengan bercanda--di Twitter bahwa Dogecoin akan menjadi cryptocurrency pertama yang "secara harfiah" mencapai bulan. Aktivitas media sosial Musk kemungkinan bertanggung jawab atas sejumlah lonjakan harga untuk token tersebut, yang telah meningkat lebih dari 800% dalam 30 hari terakhir menjadi US$0,55 pada saat publikasi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini