Alasan Polisi Libatkan Personel Bersenjata saat Hadang Pemudik, Polri Buka-bukaan

Alasan Polisi Libatkan Personel Bersenjata saat Hadang Pemudik, Polri Buka-bukaan Kredit Foto: Viva

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, menjelaskan alasan dilibatkannya personel bersenjata lengkap dalam Operasi Ketupat 2021 dalam rangka penyekatan masyarakat untuk tidak mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Menurut dia, kegiatan Operasi Ketupat 2021 ini untuk memelihara keamanan. Bagi Polri, kata dia, berhadapan dengan masyarakat tentu tidak memakai senjata api.

Baca Juga: Banyak yang Lolos Mudik, Prediksi Arus Balik Bisa Capai Jutaan Orang 

Akan tetapi, semua diidentifikasi segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi selama mudik.

“Dimungkinkan dari aktivitas mudik akan terjadi kecelakaan dan dimungkinkan akan adanya tindak kriminalitas,” kata Rusdi di Mabes Polri pada Senin, 10 Mei 2021.

Maka dari itu, Rusdi berdalih personel polisi yang bersenjata lengkap ditempatkan untuk pengamanan arus mudik ini dalam rangka memberikan pelindungan kepada masyarakat dari aksi kriminalitas.

“Ketika ditempatkan personel-personel yang membawa senpi di sana, dalam rangka bagaimana melindungi masyarakat agar tidak menjadi korban pelaku-pelaku kriminalitas,” kata dia.

Dalam operasi ini, Rusdi mengatakan seluruh personel gabungan jumlahnya 166.734 orang. Sementara, anggota Polri sebanyak 94.170 personel, TNI ada 13.332 personel dan sisanya dari instansi terkait.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini