Telkom Gandeng Anak Usaha Garuda Pasarkan Platform Digital Pariwisata

Telkom Gandeng Anak Usaha Garuda Pasarkan Platform Digital Pariwisata Kredit Foto: Telkom

Dalam rangka meningkatkan digitalisasi pariwisata Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sepakat menjalin kerja sama dengan PT Sabre Travel Network Indonesia, anak perusahaan PT Garuda Indonesia, untuk pemasaran bersama platform digital pariwisata, yaitu Wonderin.id dan TravelAja.

Penandatanganan kerja sama yang berlangsung di kantor Garuda Indonesia pada Jumat, 7 Mei 2021 dilakukan oleh Executive Vice President Digital & Next Business Telkom Saiful Hidayat dan Direktur Utama Sabre Azhar Umar, disaksikan Direktur Digital Business Telkom M Fajrin Rasyid dan Direktur Teknik Garuda Indonesia Rahmat Hanafi.

Wonderin.id sebagai salah satu layanan digital milik Telkom yang fokus pada ekosistem pariwisata berpotensi melakukan digitalisasi pada 4.500 agen perjalanan yang selama ini sudah punya kerja sama dengan Sabre, melalui fitur Online Booking Tools (OBT).

Baca Juga: Pabrik Senjata PT Pindad di Bandung Dilahap Si Jago Merah

Sementara Sabre sendiri merupakan market leader Global Distribution System (GDS), khususnya distribusi tiket pesawat internasional. Dengan adanya OBT, ke depannya agen perjalanan dapat melakukan reservasi inventori pariwisata tidak hanya untuk tiket airline domestik dan internasional, namun bisa juga layanan akomodasi, lokasi wisata, paket wisata, dan banyak lagi. Ini dimungkinkan karena Wonderin.id sudah menerapkan konsep XGDS, yaitu GDS masa depan dan mengakomodasi transaksi semua jenis inventori pariwisata.

OBT dibutuhkan banyak pihak tidak hanya agen perjalanan di dalam negeri, namun ke depannya bisa dipasarkan ke agen perjalanan regional. Dengan sudah terdigitalisasi agen perjalanan akan mendukung jika ada program stimulus atau promo dari pihak pemerintah maupun swasta.

Secara transparan akan mudah diidentifikasi siapa pembelinya, agen perjalanannya, dan juga jenis inventori yang dibeli apakah tiket transportasi, akomodasi, paket atau lokasi wisata, dan lainnya. Ke depannya untuk menggenjot pemasukan devisa dari wisata mancanegara, maka bisa saja diberikan insentif khusus, baik dalam potongan harga maupun layanan tambahan.

Selama masa pandemi Covid-19, bagi perusahaan dan instansi sangat perlu melakukan pengawasan dan pengendalian biaya perjalan dinas bagi karyawannya. TravelAja sebagai layanan Corporate Travel Management (CTM) memiliki fungsi pengajuan dan persetujuan perjalanan dinas dan pemesanan tiket transportasi, akomodasi, dan lainnya, di dalam satu aplikasi yang sama. Aplikasi ini akan bekerja sama dengan agen perjalanan yang ditunjuk perusahaan dan instansi, sehingga bisa dikatakan TravelAja menjadi solusi digital yang mendukung agen perjalanan yang selama ini sudah melayani pelanggan korporasi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini