Palu Resmi Diketok, WHO Resmi Cantumkan Kategori Variant of Concern pada Covid-19 India

Palu Resmi Diketok, WHO Resmi Cantumkan Kategori Variant of Concern pada Covid-19 India Kredit Foto: Pixabay/Cromaconceptovisual

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya menetapkan varian India B1617 sebagai varian Covid yang perlu mendapatkan perhatian khusus (variant of concern), Senin (10/5/2021). Bersama varian Inggris, Brazil, dan Afrika Selatan yang lebih dulu terklasifikasi.

Varian yang pertama kali ditemukan di India pada Oktober 2020 itu, diyakini lebih mudah menular dibanding versi asalnya. Serta berpotensi meningkatkan resistensi terhadap perlindungan vaksin.

Baca Juga: Pakar Beberkan Alasan yang buat Covid-19 Indonesia Tak Seperti India

"Ada bukti yang mendukung fakta bahwa varian B1617 ini lebih mudah menular, dan memiliki potensi mengurangi netralisasi. Karena itu, kami mengklasifikasikannya ke dalam kategori variant of concern di level global," kata Kepala Teknis Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove, seperti dilansir AFP, dikutip Selasa (11/5/2021).

Dia menegaskan, hingga saat ini tak ada bukti yang menyebut diagnostik, terapi, dan vaksin yang selama ini digunakan untuk menangani Covid menjadi tidak berfungsi karena kemunculan B1617.

Hal ini diamini Kepala Ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan.

"Yang kami ketahui, hingga saat ini vaksin, diagnostik, dan pengobatan yang biasa digunakan untuk menangani Covid tetap bisa digunakan. Tak ada perubahan. Jika Anda sudah mendapat giliran vaksin, bersegeralah," paparnya.

India yang kini menjadi episentrum Covid dunia melaporkan 370 ribu kasus baru, dengan lebih dari 3.700 angka kematian pada Senin (10/5/2021).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini