Blak-blakan Kritik Pemerintah China, Pengusaha Ini Terancam 25 Tahun Penjara!

Blak-blakan Kritik Pemerintah China, Pengusaha Ini Terancam 25 Tahun Penjara! Kredit Foto: (Foto/Okezone)

Salah satu pengusaha China yang paling blak-blakan mengkritik pemerintah dapat menghadapi hukuman 25 tahun penjara jika terbukti bersalah atas berbagai tuduhan terhadapnya.

Pengusaha pedesaan Sun Dawu ini dituduh memprovokasi masalah dan mengganggu ketertiban umum, penambangan ilegal, perambahan di tanah pertanian negara, menghalangi layanan publik dan penggalangan dana ilegal, di antara tuduhan lainnya, kata jaksa di Gaobeidian di provinsi Hebei.

Baca Juga: Peduli Kesehatan Mental, Miliarder Ini Sumbang Rp851 Miliar untuk Bangun Gedung Psikiatri

Dokumen tersebut juga mencantumkan dakwaan terhadap 19 orang lainnya yang ditahan bersama Sun pada November atas sengketa tanah antara Kelompok Pertanian dan Peternakan Dawu dan sebuah peternakan negara.

Dilansir dari South China Morning Post di Jakarta, Selasa (11/5/21) sebuah sumber di tim hukum mengatakan jaksa penuntut meminta putra tertua Sun, Sun Meng untuk dipenjara selama 16 tahun dan saudara laki-laki Sun, Sun Zhihua, dipenjara selama 11 tahun.

Mereka meminta tidak disebutkan namanya karena mereka diperingatkan untuk tidak berbicara dengan media,. Sumber itu mengatakan mereka memperkirakan Sun bisa dijatuhi hukuman 20-25 tahun.

"Para terdakwa terkejut dengan saran hukuman yang berat dan mereka mengatakan bahwa [hukuman] ini tidak dapat diterima," kata sumber itu. "Kami akan melakukan yang terbaik untuk membela mereka."

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini