Epidemiolog: Hati-Hati Terjadi Bom Kasus Covid-19 Usai Lebaran

Epidemiolog: Hati-Hati Terjadi Bom Kasus Covid-19 Usai Lebaran Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono mengatakan Indonesia tinggal menunggu bom kasus Covid-19 yang lebih besar meledak.

"Sudah meledak-meledak. Nanti ada bom yang lebih besar meledak, setelah Lebaran," kata Pandu dikutip dari Antara Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Covid-19 Terkini di Jakarta, Anies Baswedan: Termasuk yang Paling Rendah

Menanggapi kenaikan kasus Covid-19 yang cukup tajam di lima provinsi di Indonesia termasuk Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, dan Aceh, Pandu menuturkan saat ini memang lonjakan kasus Covid-19 sudah meledak di beberapa daerah, dan bom kasus Covid-19 yang lebih besar diperkirakan meledak usai Lebaran.

"Ini bukan bom waktu, kan sudah meledak. Bomnya sudah meletus di mana-mana. Ini meledak terus soalnya, kan lagi perang (melawan pandemi Covid-19)," ujarnya.

Diberitakan, kenaikan tren tambahan konfirmasi kasus harian menyebabkan tujuh provinsi mempunyai bed occupancy ratio (BOR) lebih dari 50 persen per 8 Mei 2021 yaitu di Sumatera Utara 63,4 persen, Riau 59,1 persen, dan Kepulauan Riau 59,9 persen.

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat Idul Fitri: Semoga Kita Menang Lawan Covid-19

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini