Warga yang Berhasil Mudik Siap-siap Nih! di Arus Balik TNI-Polri Bakal Siapkan Swab Tes

Warga yang Berhasil Mudik Siap-siap Nih! di Arus Balik TNI-Polri Bakal Siapkan Swab Tes Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memperkirakan, 1,6 juta orang akan kembali ke Jakarta usai Lebaran. Mengantisipasinya, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya merumuskan strategi pengamanan arus balik dan mengantisipasi adanya kerumunan.

Strategi itu dirumuskan saat Fadil menggelar rapat koordinasi dengan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman di Mapolda Metro Jaya, Selasa (11/5).

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Mudik Lebaran Saat Pandemi Covid-19

"Kita sepakati seperti melaksanakan kolaborasi dengan BNPB dan Pemprov DKI Jakarta untuk memperkuat bandara, stasiun, pelabuhan, dan rest area yang dijadikan sarana dan prasarana untuk kembali setelah pelaksanaan mudik," ujar Fadil.

Selain itu, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya juga akan menyiapkan swab antigen. Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa Timur untuk memastikan warga yang kembali ke Jakarta sudah mengantongi surat swab negatif Covid-19.

"Pemudik yang kembali harus memiliki surat swab antigen atau PCR. Kemudian akan dilakukan swab antigen di lokasi titik penyekatan dan check point secara sukarela," tuturnya.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga akan dikerahkan melakukan pendataan kepada masyarakat yang hendak balik ke Jakarta. Nantinya, mereka akan disiapkan swab antigen dan didistribusikan ke seluruh Polres, Polsek, Kodam, juga Koramil.

"Kami sepakat tadi bahwa nanti ada swab antigen mobile. Masyarakat bisa mengontak Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Kemudian Pangdam juga tadi sudah memerintahkan agar seluruh Koramil membuka layanan swab antigen," beber eks Kapolda Jatim ini.

Pengamanan operasi arus balik mudik  akan diperkuat keamanan dari berbagai personel. Sekitar 8.000 personel dikerahkan oleh kepolisian. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini