Hakim Tolak Izin Keluar Tahanan, Mantu Habib Rizieq Mau Gak Mau Rayakan Lebaran di Rutan

Hakim Tolak Izin Keluar Tahanan, Mantu Habib Rizieq Mau Gak Mau Rayakan Lebaran di Rutan Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Menantu Habib Rizieq Shihab (HRS), Habib Hanif Alatas yang juga terdakwa kasus swas test RS Ummi Bogor tak bisa merayakan Lebaran bersama keluarga. Pasalnya, izin keluar tahanan yang diajukan tim kuasa hukum ditolak Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Ketua Majelis Hakim Khadwanto mengatakan, izin keluar tahanan sulit dilakukan karena pertimbangan keamanan.

"Majelis hakim telah berkomunikasi dengan tim penuntut umum dan juga pihak kepolisian, itu secara teknis sulit sekali dilakukan untuk pengamanannya. Jadi saat ini izin keluar satu hari kami tolak," ujarnya di PN Jakarta Timur, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Kabar Mengejutkan Datang dari Penjara Habib Rizieq, Tiba-Tiba Sampaikan Terima Kasih Presiden

Dalam kasus swab test RS Ummi ada dua terdakwa lainnya yakni Habib Rizieq dan Dirut RS Ummi Bogor dr Andi Tatat. Namun, Andi Tatat tidak ditahan.

Kepala Humas PN Jakarta Timur Alex Adam Faisal menuturkan izin keluar tahanan berbeda dengan izin penangguhan penahanan yang juga diajukan tim kuasa hukum Hanif.

Menurut dia, permohonan penangguhan penahanan yakni selama sidang berlangsung terdakwa tidak ditahan. Sedangkan izin keluar tahanan dapat dilakukan jika terdakwa memiliki keperluan mendesak. "Biasanya izin kayak begini dikeluarkan apabila ada hal penting. Misalkan ada keluarga tahanan meninggal atau melakukan pemeriksaan kesehatan," katanya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini