Twibbon Anies Imbau Jangan Mudik Dulu, Netizen Beda Pendapat: Mudik Gak Boleh, WNA Boleh Masuk?

Twibbon Anies Imbau Jangan Mudik Dulu, Netizen Beda Pendapat: Mudik Gak Boleh, WNA Boleh Masuk? Kredit Foto: Instagram Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut menyampaikan imbauan agar warga Ibu Kota tidak mudik saat Lebaran 2021 dengan mengubah foto profil media sosialnya. Anies menggunakan twibbon “Jangan Mudik Dulu, Lebaran di Jakarta Aja”.

Foto profil baru ini digunakan pada tiga akun resmi media sosial milik Gubernur DKI Jakarta ini, yaitu Instagram @aniesbaswedan, Twitter @aniesbaswedan, dan Facebook @Anis Baswedan. “Pasang foto profil/status media sosialmu "Jangan Mudik Dulu, Lebaran di Jakarta Aja," tulis Anies.

Baca Juga: Apresiasi Warga Jabodetabek yang Tidak Mudik, Anies Baswedan: Anda Adalah Pejuang

Twibbon merupakan mikrositus bingkai foto yang dibuat secara menarik untuk tujuan promosi, dukungan suatu acara, dan lainnya. Pada Hari Raya Idul Fitri pengguna twibbon cukup ramai untuk berbagai ucapan selamat dan permohonan maaf di hari yang fitri ini.

“Yuk, tahan rindumu. Lebarannya di Jakarta aja. Sebarkan,jangan berhenti di kamu!” lanjut Anies di akun Instagramnya yang diunggah Rabu (12/5/2021) pukul 13.30 WIB. Sekitar 13 jam kemudian atau pada Kamis (13/5/2021) pukul 03.34 WIB postingan ini mendapat 379 komentar dari netizen.

Ada beberapa netizen mengaku enggan mengikuti imbauan tersebut dengan berbagai alasan. Sedangkan sebagaian netizen mendukung imbauan tidak mudik. Akibatnya, kolom komentar Instagram Anies diwarnai keributan. 

“Berkunjung ke keluarga yang masih idup gk bole pak, berkunjung ke keluarga yang udah meninggal juga (gk) boleh pak? Hari kemenangan macam apa ini pak

,” tulis @rhyriin11 seraya menambah emoji sedih.

Komentar itu dibalas @sinida86, “Tanya pleciden, dong,” seraya memberi tagging ke @rhyriin11.

Jawaban itu memicu komentar bernada lebih tinggi, “Ntr tanya pleciden jwbnya “kok ap2 tanya saya, tanya gubernur aja,” tulis @rhyriin11.

“Lho, kan bapak pleciden yang bikin aturan, bawahan cuma menjalankan perintah. Kalau gak jalanin nanti diperkarakan. Salah lagi aja jadi Pak Anies. Jadi, tanya pleciden dan menteri yang bikin aturan, ya,” sahut @sinida86.

Akun @meryisanto juga tidak setuju dengan imbauan Gubernur DKI Jakarta untuk tidak mudik. “Mohon Maaf pak anies untuk lebaran th ini saya mudik gk ingikutin anjuran bapak,” dengan emoticon tangan menjura.

Begitu juga dengan akun @opick_yp. “Bagai mana menurut Bp tentang mudik ga boleh sdnkn WNA bnyk yg masuk?”

Pertanyaan itu dijawab netizen lain, “@opick_yp Ya gak setuju, tapikan sebagai gubernur mau gimana lagi,” bela akun @firman_nurhuda28.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini